Selasa, 03 Januari 2017

SURAT AL-IKHLAS


299.Renungan Pagi !!!

😎SEPUTAR SURAT AL- IKHLAS🎤🎤🎤
ِ
ﻗُﻞْ ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺃَﺣَﺪٌ ﴿١﴾ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟﺼَّﻤَﺪُ ﴿٢﴾ ﻟَﻢْ ﻳَﻠِﺪْ ﻭَﻟَﻢْ ﻳُﻮﻟَﺪْ ﴿
٣﴾ ﻭَﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻟَﻪُ ﻛُﻔُﻮًﺍ ﺃَﺣَﺪٌ
Katakanlah, “Dia-lah Allâh, yang Maha Esa.
Allâh adalah Rabb Ash-Shamad. Dia tiada beranak dan tidak pula
diperanakkan,
Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.”
(al-Ikhlas:1sd 3)
SEBAB TURUN SURAT AL-IKHLAS
Sebab turun surat al-Ikhlâs ini adalah pertanyaan
orang-orang kafir tentang Allâh Azza wa Jalla ,
sebagaimana disebutkan di dalam hadits :
ﻋَﻦْ ﺃُﺑَﻲِّ ﺑْﻦِ ﻛَﻌْﺐٍ ﺃَﻥَّ ﺍﻟْﻤُﺸْﺮِﻛِﻴﻦَ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﻟِﺮَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ
ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺍﻧْﺴُﺐْ ﻟَﻨَﺎ ﺭَﺑَّﻚَ ﻓَﺄَﻧْﺰَﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻗُﻞْ ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ
ﺃَﺣَﺪٌ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟﺼَّﻤَﺪُ
Dari Ubayy bin Ka’ab Radhiyallahu anhu bahwa
orang-orang musyrik berkata kepada Rasûlullâh
Shallallahu ‘alaihi wa sallam , “Sebutkan nasab
Rabbmu kepada kami!”, maka Allâh menurunkan:
(Katakanlah: “Dia-lah Allâh, yang Maha Esa).
[HR. Tirmidzi; Ahmad, ]
ARTI AYAT DAN TAFSIRNYA
ﻗُﻞْ ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺃَﺣَﺪٌ
Katakanlah: “Dia-lah Allâh, yang Maha Esa”.
Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Yakni:
Dia Yang pertama dan Esa, tidak ada tandingan
dan pembantu, tidak ada yang setara dan tidak
ada yang menyerupai-Nya, dan tidak ada yang
sebanding (dengan-Nya). Kata ini tidak digunakan
untuk menetapkan pada siapapun selain pada
Allâh Subhanahu wa Ta’ala , karena Dia Maha
Sempurna dalam seluruh sifat-sifat-Nya dan
perbuatan-perbuatan-Nya”. [Tafsir Ibnu Katsir]
ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟﺼَّﻤَﺪُ
Allâh adalah ash-Shamad.
(Rabb) yang segala sesuatu menghadap
kepada-Nya dalam memenuhi semua
kebutuhan dan permintaan mereka. Ini
pendapat Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu dari
riwayat ‘Ikrimah.
ﻟَﻢْ ﻳَﻠِﺪْ ﻭَﻟَﻢْ ﻳُﻮﻟَﺪْ
Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
Syaikh Musa’id ath-Thayyâr hafizhahullah berkata,
“Yaitu: (Allah) ini Yang berhak diibadahi, Dia tidak
dilahirkan sehingga akan binasa. Dia juga bukan
suatu yang baru yang didahului oleh tidak ada lalu
menjadi ada. Bahkan Dia adalah al-Awwal yang
tidak ada sesuatupun sebelum-Nya, dan al-Âkhir
yang tidak ada sesuatupun setelah-Nya.” [Tafsir
Juz ‘Amma, 1/77, Syaikh Musa’id ath-Thayyaar]
ﻭَﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻟَﻪُ ﻛُﻔُﻮًﺍ ﺃَﺣَﺪٌ
Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan
Dia.”
Syaikh Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Tidak
ada seorangpun yang menyamai-Nya dalam
seluruh sifat-sifat-Nya”. [ Syarh Aqîdah Wasitiyah ,
hlm. 114, penerbit. Dar Ibnu Haitsam]
Syaikh Musa’id ath-Thayyâr hafizhahullah berkata,
“Dan tidak ada tandingan yang menyamai-Nya
dalam nama-nama, sifat-sifat dan perbuatan-
perbuatan-Nya.” [ Tafsir Juz ‘Amma , 1/77, Syaikh
Musa’id ath-Thayyâr]

KEUTAMAAN SURAT AL- IKHLAS
Diantara keutamaannya :
1.Sebanding dengan sepertiga al-Qur’ân
ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺍﻟﺪَّﺭْﺩَﺍﺀِ ﻋَﻦْ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ
ﺃَﻳَﻌْﺠِﺰُ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﺃَﻥْ ﻳَﻘْﺮَﺃَ ﻓِﻲ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ ﺛُﻠُﺚَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﻭَﻛَﻴْﻒَ
ﻳَﻘْﺮَﺃْ ﺛُﻠُﺚَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻗَﺎﻝَ ﻗُﻞْ ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺃَﺣَﺪٌ ﺗَﻌْﺪِﻝُ ﺛُﻠُﺚَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ
Dari Abud Darda’ dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa
sallam , beliau bersabda, “Apakah seseorang dari
kamu tidak mampu membaca sepertiga al-Qur’ân
di dalam satu malam?” Para sahabat bertanya,
“Bagaimana seseorang (mampu) membaca
sepertiga al-Qur’ân (di dalam satu malam)?”
Beliau bersabda: “Qul Huwallaahu Ahad
sebanding dengan sepertiga al-Qur’ân.” [HR.
Muslim, no. 811]
2.Surat ini berisikan sifat Allâh Azza wa
Jalla, orang yang mencintainya dicintai oleh
Allâh Azza wa Jalla.
ﻋَﻦْ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺑَﻌَﺚَ ﺭَﺟُﻠًﺎ
ﻋَﻠَﻰ ﺳَﺮِﻳَّﺔٍ ﻭَﻛَﺎﻥَ ﻳَﻘْﺮَﺃُ ﻟِﺄَﺻْﺤَﺎﺑِﻪِ ﻓِﻲ ﺻَﻠَﺎﺗِﻬِﻢْ ﻓَﻴَﺨْﺘِﻢُ ﺑِﻘُﻞْ
ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺃَﺣَﺪٌ ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺭَﺟَﻌُﻮﺍ ﺫَﻛَﺮُﻭﺍ ﺫَﻟِﻚَ ﻟِﻠﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ
ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺳَﻠُﻮﻩُ ﻟِﺄَﻱِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻳَﺼْﻨَﻊُ ﺫَﻟِﻚَ ﻓَﺴَﺄَﻟُﻮﻩُ ﻓَﻘَﺎﻝَ
ﻟِﺄَﻧَّﻬَﺎ ﺻِﻔَﺔُ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﻭَﺃَﻧَﺎ ﺃُﺣِﺐُّ ﺃَﻥْ ﺃَﻗْﺮَﺃَ ﺑِﻬَﺎ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ
ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﺧْﺒِﺮُﻭﻩُ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳُﺤِﺒُّﻪُ
Dari ‘Aisyah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa
sallam mengutus seorang laki-laki memimpin
sekelompok pasukan, (ketika mengimami shalat)
dia biasa membaca di dalam shalat jama’ah
mereka, lalu menutup dengan ”Qul huwallaahu
ahad”. Ketika mereka telah kembali, mereka
menyebutkan hal itu kepada Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam . Maka beliau berkata:
“Tanyalah dia, kenapa dia melakukannya!” Lalu
mereka bertanya kepadanya, dia menjawab:
“Karena surat ini merupakan sifat Ar-Rahmaan (Allâh Yang Maha Pemurah), dan aku suka membacanya”. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda: “Beritahukan kepadanya bahwa Allâh mencintainya”.
[HR. Al-Bukhâri, no. 7375;
Muslim, no. 813]

MENYUSUL ALMAIDAH 51 SAAT INI AL IKHLAS 3 TERKENAL DAN DIPELAJARI OLEH KALANGAN NASRANI.
PELAPORAN BERBUNTUT HIDAYAH INILAH JUDULNYA
😂
Saya mahasiswa jurusan SOSPOL di  UGM yogyakarta.
Kebetulan akhir2 ini sy sangat kagum dengan sosok yang sebelumnya sangat saya benci.
Yah tau lah media udah membuat citra beliau rusak, namun harumnya bunga akan tercium juga lama kelamaan meski ditutupin dan di jelekin gimanapun ya lama kelamaan akan terkuak juga, dan akhirnya saya  bersyukur bisa mencium harumnya bunga tersebut setelah peristiwa 411 dan 212. Kalo bahas ini pasti kita uda tau donk sosok sang fenomenal, yah dialah singa Allah saat ini yaitu Habib Riziq shihab, saat ini seluruh ormas islam dr berbagai madzhab di indonesia telah sepakat menjadikan habib riziq imam ummat islam di seluruh indonesia atas jasa beliau di dalam mempersatukan ummat untuk membela agama Allah, itulah yang saya bc di islampos beberapa waktu lalu.
Namun beberapa hari yang lalu, ada berita mencengangkan yang sy bc di koran bahwa habib riziq dilaporkan atas tuduhan penodaan agama nasrani,
nah loe...batin saya ada apa nih 🙇⁉sy segera beli koran tersebut, jantung berdegup kenceng banget gan..
Takut terjadi sesuatu gitu deh💆‍♂
Segera saya baca koran tersebut dan intinya adalah habib riziq di nilai menistakan karena kalimat beliau di dalam ceramahnya yg berbunyi " lam yalid wa lam yulad, tuhan tidak beranak dan tidak diperanakkan, lah kalo tuhan beranak dan diperanakkan, trus siapa bidannya"
begitu baca  berita itu maka saya tertawa terbahak-bahak,
Gimana gak tertawa gan..
nah gila nih mahasiswa, ada ustad lagi bahas ayat alqur'an di depan ummat islam, koq malah dia tersinggung dan laporin habib atas penistaan agama, nah kalo kita bales laporin soalnya para pendeta udah ngelecehin Allah dengan menyebut Allah beranak gimana ? Kan repot jadinya hahaha...😂 mari kita tertawa bersama gan 😂😂
Akhirnya saya cuz kampus deh..
Sampai di kampus saya duduk dekat teman yg kebetulan agamnya katolik, trus terjadilah dialog antara saya dengan teman saya tadi. Inilah dialognya secara singkat 😁
TS : hy jon.. uda denger kabar belum soal habib lu ?
Sy : kabar apaan ?
TS : ya itu si riziq di laporin sm mhsiswa kristen soalnya dinilai nistain agama kristen. Habib lu kena karma tuh !
Sy : sy tertawa sambil bilang yah.. yg bkn laporan uda mempermalukan kaum intelektual kalo sy liat jon..
TS : kenapa lu blg gitu ? Lu tau gak si kalau si riziq uda kelewatan, dia bilang kalau tuhan beranak terus siapa bidannya., sy sebagai umat beragama katolik tersinggung nih degan pernyataannya riziq, ini menyakiti hati sy
Sy : lu uda liat videonya blum ? Kalo blum... liat  dulu videonya di youtube deh.. yg habib bahas itu dalam konteks agama lu.. atau agamanya habib..
TS : lah emang di islam ada bahas yesus jon ?
Sy : sy ambil  alqur'an dan terjemahan di perpus, saya bukain surat al ikhlas... trus sy sodorin ke dia. Nih surat alqur'an yg dibahas habib di ceramahnya..
TS : boleh pinjem jon ?
Sy : pinjem aja di perpus kalo lu mau bc.
itu ada tafsirannya juga dibawahnya lu bc jg ya..
Besoknya pas tengah malam, dia tlp minta ajarin bc syahadat soalnya mau masuk islam 😂 terus minta anterin ketemu habib riziq ke jakarta, saya  jawab, nah saya aja gak perna ktmu beliau kok, gimana mau anterin dia ktmu..😂
Dan tau gak gan sekarang al-ikhas lg laku keras diburu para mahasiswa kristen, mereka pada penasaran, sampai saat ini uda 2 mahasiswa di kampus ane yang  masuk islam disebabkan ayat lam yalid wa lam yulad..
Dan ceramah habib riziq yang menurut saya lucu banget itu jadi viral di medsos saat ini,  yang kerajinan nyari juga kalangan nasrani. Bagus deh, ini ayat tauhid banget, moga makin banyak yang dapat hidayah 😂
Saya jd makin kagum nih, kena kasus aja bisa bimbing orang ke jalan hidayah.
Kapaaan.... bisa ketemu habib, jadi makin ngarep ketemu face to face nih 😩
moga2 habib panjang umur dan sehat terus, dan moga2 suatu saat nanti saya ditakdirin bertatap wajah dengan habib secara langsung.
amiin..
😎SEMOGA BERGUNA.AAMIIN.💞💞💞

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman