Selasa, 10 Januari 2017

JATAH HIDUP


11.Renungan Pagi !!!
 *Jata Hidup*

Umur manusia terbatas ada yang panjang ada yang pendek bahkan ada yg baru lahir. Allah swt merahasiakan umur manusia agar berhati hati dan mempersiapkan bekal dengan taqwa.
Kematian mempunyai sebab akibat yang beragam,ada yang sebab sakit dan ada pula yang tanpa sakut seperti dalam kadaan tidur atau lagi berolaraga.
Waktu kematian juga aneka ragam seperti dalam kaadaan makan atau lainnya.
Untuk itu perbanyaklah ingat mati. *Rasulullah saw bersabda yang artinya: Sesungguhnya kematian itu punya sekarat.*
Maksudnya luar biasa rasa sakit seakan akan antara hidup dan mati bahkan tak sadarkan diri. Persiapkan bekal kematian dengan iman yang mantap,amal shalih dan akhlakul karimah. Sehingga nanti selamat dari pada siksa kubur.
Bahkan Khalifah *Abu Bakar Shiddiq ra pernah berkata: Siapa yang memasuki alam kubur tanpa bekal maka ia bagaikan menyeberang lautan tanpa perahu.*
Ya Allah ampuni kami dan matikan kami dalam kadaan khusnul khatimah dengan bekal taqwa...Aamiin
 
 12.Renungan Siang !!!
*Muslim yang Baik*

Iman dan amal shalih seseorang sebagai bukti muslim yang baik dan beruntung.
Rukun iman kita ada enam yaitu iman kepada Allah,malaikat2Nya,kitab2Nya,rasul2Nya,hari kiamat dan beriman kepada qadhaNya yang baik dan yang buruk.
Sering kita dapati rangkaian iman kepada Allah dan hari akhir artinya kita diingatkan bahwa apapun yang kita lakukan semuanya akan dimintak pertanggung jawaban oleh Allah swt nanti di hari kiamat/akhir/pembalasan.
*Amal ibadah dan amal shalih seseorang jika diperbuat atas dasar iman,syariat Rasulullah saw,dan ikhlas maka Allah swt menerima amal ibadahnya.*
Demikian juga jika orang beramal shalih suka membantu,rajin ibadah,akhlaknya baik tidak akan diterima Allah swt kalau dia non muslim dan mempersekutukanNya dengan makhluk dalam beribadah.
Amal shalih dianggap ibadah kalau perbuatan tersebut sesuai dengan syariat Rasulullah saw seperti rukun islam,rukun iman dan ibadah ghairu mahdhoh seperti perbuatan terpuji jujur,suka membantu,sedekah,mengajar,menunjukkan jalan yang benar,mengajak ngaji,melarang berbuat dosa,membela saudara muslim dan bangsanya dari kejahatan musuh dll.
*Jaga iman dalam hati dengan baik sangka kepada Allah swt dan jaga perbuatan dari kemungkaran serta keji !*
Jika iman ternodai dengan syirik maka amal ibadah dan amal shalih seseorang tidak mendapat pahala alias sia2 saja.
Untuk itu iman dan amal shalih harus beriringan tidak boleh dipisahkan serta ikhlas menjalankannya.Sungguh beruntung orang beriman dan beramal shalih dalam menjalani hidup ini sebagai menefestasi dari ibadah dan kehidupan penuh berkah.
Buah keimannya untuk diri dan amal shalih untuk diri dan orang lain sehingga kebahagiaan dunia mendapatkannya dan juga kebahagiaan akhirat dengan ridha Allah swt.
Rabbisyrahli shadri ws yassirli amri wahlul uwdatan minlisani... Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman