Senin, 27 Juni 2016

KEDUDUKAN WANITA




ANTARA LELAKI DAN PEREMPUAN DALAM ISLAM
Tafsir Ayat
وَلَهُنَّ مِثْلُ اللَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوْفِ وَللِرَّجَالِ عَلَيْهِنَِّّ دَرَجَةُ
Sesungguhnya pada seorang laki-laki (suami) itu ada hak dan kewajiban atas istrinya, demikian juga sebaliknya.”al-baqarah :228
Yang dimaksud dengan persamaan hak disini adalah bahwa keluarga hendaknya saling memberi dan saling mencukupi. Pekerjaan apapun yang dilakukan seorang istri untuk suaminya, hendaklah disambut dengan pekerjaan yang seimbang oleh suaminya.[3]
مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (٩٧)
Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baikdan Sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan
An-nahl :97.
Dijelaskan dalam al-Quran surat al-Ahzab: 35 mengenai kesetaraan  (kesamaan) hak dan kewajiban dalam beribadah oleh laki-laki maupun perempuan:
¨ إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا (٣٥)
Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin[1218], laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besa
Al-ahzab:35
Inti sari dari tafsir ayat.
Beberapa ayat tersebut diatas telah nyata bahwa kesederajatan kaum perempuan dan laki-laki, salah satunya adalah dalam tugas ibadah mereka sama, mentaati perintah Allah dan rasul-Nya adalah wajib atas laki-laki dan perempuan. Laki-laki dan perempuan sama dalam hak dan kewajiban dan ia mempunyai kebebasan yang sempurna (ma’ruf) dalam membelanjakan hartanya.
Dalam beramal sangat nyata bahwa Allah menyatakan balasan atas amalan yang telah diperbuat tetapi berdasarkan tingkatan amal mereka sendiri. Kemudian amal tersebut dipisah lagi dalam beberapa kegiatan. Pada surat al-Baqarah: 278 diterangkan bagaimana hak istri selaras dengan hak suami dan begitu juga sebaliknya dalam hal kewajiban. Jadi dalam berumah tangga terdapat kesamaan hak dan kewajiban antara suami dan istri dalam hal yang ma’ruf. Tetapi tanpa mengingkari kodratnya perempuan adalah satu derajat dibawah laki-laki karena fitrah dan kemampuan dalam memimpin boleh telah diserahkan kepada suami. Hal itu dijelaskan Allah dalam QS. An-Nisa: 34.
Dalam surat Ali ‘Imran, disinggung mengenai kesetaraan laki-laki dengan perempuan atas dasar asal dari penciftaan manusia yang sama-sama berasal dari sesuatu yang hina. Hal ini diperjelas pada QS al-Mu’minun: 12-14, dan surat lainnya yang membahas masalah serupa, sehingga dengan ini derajat manusia dinggap sama, laki-laki ataupun perempuan.
Dapat disimpulkan pada surat al-Baqarah ayat 228 memuat maksud “hak” para istri disana adalah perempuan mempunyai hak seperti yang dimiliki laki-laki dan mempunyai kewajiban seperti kewajiban laki-laki. Kemudian bahwa laki-laki dilebihkan satu derajat yaitu sebagai pemimpin yang telah ditetapkan dengan fitrahnya. Dalam hal ini bukan berarti keluar dari konsep persamaan hak dan kewajiban, sebab setiap tambahan hak diimbangi dengan tambahan kewajiban pula, demikianlah persamaan yang bijak sana.
jakarta 27/5/2016

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman