Senin, 04 April 2016

HUKUM PIUTANG ANTAR KELUARGA






HUTANG PIUTANG DIANTARA ANGGOTA KELUARGA

PENGERTIAN.
Hutang-piutang dalam keluarga adalah hutang-piutang yang terjadi dalam satu hubungan keluarga, seperti orang tua dengan anaknya atau sebaliknya. Antara suami dengan istri atau sebaliknya. Antara saudara dengan saudaranya dalam satu keluarga, dan lain-lainnya.
MACAM-MACAM HUTANG ANTARA KELUARGA.
  1. Suami berhutang pada istrinya.
Apabila seorang suami berhutang pada istrinya, maka ini adalah hutang yang wajib dibayar kepada istrinya pada waktu yang telah dijanjikan suaminya. Maka, apabila suami memiliki kesulitan untuk membayar hutang pada istrinya, hendaklah suami meminta agar istri merelakan hutang suaminya. Dan hendaklah sebagai istri yang baik mengikhlaskan hutang suaminya sebagai sedekah. Sabda Rasulullah saw.
عَنْ زَيْنَبَ امْرَأَةِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَصَدَّقْنَ يَا مَعْشَرَ النِّسَاءِ وَلَوْ مِنْ حُلِيِّكُنَّ قَالَتْ فَرَجَعْتُ إِلَى عَبْدِ اللَّهِ فَقُلْتُ إِنَّكَ رَجُلٌ خَفِيفُ ذَاتِ الْيَدِ وَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ أَمَرَنَا بِالصَّدَقَةِ فَأْتِهِ فَاسْأَلْهُ فَإِنْ كَانَ ذَلِكَ يَجْزِي عَنِّي وَإِلَّا صَرَفْتُهَا إِلَى غَيْرِكُمْ قَالَتْ فَقَالَ لِي عَبْدُ اللَّهِ بَلْ ائْتِيهِ أَنْتِ قَالَتْ فَانْطَلَقْتُ فَإِذَا امْرَأَةٌ مِنْ الْأَنْصَارِ بِبَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَاجَتِي حَاجَتُهَا قَالَتْ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ أُلْقِيَتْ عَلَيْهِ الْمَهَابَةُ قَالَتْ فَخَرَجَ عَلَيْنَا بِلَالٌ فَقُلْنَا لَهُ ائْتِ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخْبِرْهُ أَنَّ امْرَأَتَيْنِ بِالْبَابِ تَسْأَلَانِكَ أَتُجْزِئُ الصَّدَقَةُ عَنْهُمَا عَلَى أَزْوَاجِهِمَا وَعَلَى أَيْتَامٍ فِي حُجُورِهِمَا وَلَا تُخْبِرْهُ مَنْ نَحْنُ قَالَتْ فَدَخَلَ بِلَالٌ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ هُمَا فَقَالَ امْرَأَةٌ مِنْ الْأَنْصَارِ وَزَيْنَبُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الزَّيَانِبِ قَالَ امْرَأَةُ عَبْدِ اللَّهِ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَهُمَا أَجْرَانِ أَجْرُ الْقَرَابَةِ وَأَجْرُ الصَّدَقَةِ =رواه مسلم=
Dari Zainab istri Abdullah (bin Mas’ud) ra, berkata: Rasulullah saw bersabda: Bersedekahlah kalian wahai sekalian wanita walau hanya dengan sebahagian perhiasaan kalian. Zainab mengatakan, Aku pun kembali menemui Abdullah lalu aku mengatakan sesungguhnya engkau adalah laki-laki yang lemah yang miskin. Dan sesungguhnya Rasulullah saw menyuruh kami untuk bersedekah, datangilah Rasulullah lalu tanyakan padanya. Tidakkah ia memberi pahala padaku kecuali aku melakukannya kepada selain kalian. Ia mengatakan, Abdullah berkata kepadaku, Engkau sajalah yang menemui beliau. Aku pun berangkat ketika seorang wanita anshar berada di depan pintu Rasulullah saw. Keperluanku sama dengan keperluannya, ia berkata: Sesungguhnya wanita itu sangat segan menemui Rasulullah. Maka keluarlah Bilal, lalu kami mengatakan kepadanya. Temuilah Rasulullah saw dan beri tau dia bahwa dua orang wanita di depan pintu yang mau bertanya kepadamu. Apakah diberi balasan pahala atas sedekah istri pada suaminya dan pada anak yatim yang tinggal dirumahnya, dan jangan beri tau beliau siapa kami yang bertanya ini. Maka masuklah Bilal kerumah Rasulullah saw, lalu ia pun menanyakannya. Maka Rasulullah saw bertanya kepadanya: Siapa mereka. Kata Bilal: Seorang wanita dari kaum anshar dan Zainab. Maka Rasulullah saw bersabda: Zainab yang mana. Kata Bilal: Istrinya Abdullah. Lalu Rasulullah saw bersabda padanya: Bagi mereka ada dua pahala, satu pahala karena kekerabatan dan satu pahala lagi karena sedekahnya. (HR. Muslim).
Apabila suatu saat suaminya telah meminta keringanan, namun istrinya tidak membebaskan hutang suaminya, lalu suaminya meninggal dunia, maka hutang suaminya dibayar dari harta yang dimiliki oleh suaminya. Karena piutang istri sebagiannya adalah milik ahli waris istrinya. Begitu juga bila istrinya yang lebih dulu meninggal dunia, maka suaminya harus membayar sebagian hutangnya yang menjadi bagian ahli waris istrinya. Begitu juga bila suaminya berhutang dengan orang lain. Wallahu A’lam.
  1. Istri berhutang pada suaminya.
Dalam Islam, masalah istri berhutang pada suaminya semestinya tidak terjadi dalam kehidupan kaum muslimin. Karena istri adalah tanggungan yang nafkahnya adalah kewajiban suaminya. Maka seluruh keperluan istri adalah kewajiban suami. Lalu alasan apa yang membuat istri harus berhutang pada suaminya. Maka istri tidak dibenarkan berhutang sesuatu tanpa sepengetahuan suaminya. Namun bila istri sampai berhutang untuk keperluan keluarganya, maka ini jatuh menjadi hutang suaminya, sekalipun yang berhutang itu istrinya.
  1. Ayah dan ibu berhutang pada anaknya.
Apabila kedua orang tua hidup dalam keadaan tidak mampu, maka kedua orang tua dalam tanggungan anak laki-lakinya yang punya kemampuan. Maka tidak semestinya ayah dan ibu sampai berhutang pada anak-anaknya, karena keperluan keduanya telah dipenuhi oleh anak laki-lakinya. Sabda Rasulullah saw.
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ رَجُلًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ لِي مَالًا وَوَلَدًا وَإِنَّ أَبِي يُرِيدُ أَنْ يَجْتَاحَ مَالِي فَقَالَ أَنْتَ وَمَالُكَ لِأَبِيكَ
Dari Jabir bin Abdillah ra,: “Bahwa seseorang berkata kepada Rasulullah saw: Sesungguhnya aku memiliki harta dan anak, dan sesungguhnya ayahku ingin mengambil harta itu dariku? Lalu Rasulullah saw menjawab: “Kamu dan hartamu milik ayahmu” (HR. Ibnu Majah, Ahmad dan Thabrani).
عَنْ عَائِشَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَوْلَادَكُمْ مِنْ أَطْيَبِ كَسْبِكُمْ فَكُلُوا مِنْ كَسْبِ أَوْلَادِكُمْ
Dari ‘Aisyah ra, dari Nabi saw: “Sesungguhnya anak kalian adalah hasil terbaik dari usaha kalian, maka makanlah dari usaha anak-anak kalian.” (HR. Abu Dawud, An Nasa’i dan Ahmad).
Namun bila kedua orang tua berhutang pada anak perempuannya yang hartanya adalah milik suaminya. Hukumnya hampir sama dengan hutang pada orang lainnya yaitu wajib mengembalikannya. Karena mertua dengan menantu tidak saling mewarisi. Dan bila orang tuanya meninggal dunia lebih dulu, tetap harus dilunasi dengan harta yang ditinggalkannya. Kecuali bila suami dari anak perempuannya merelakannya.
Catatan.
Bila kedua orang tua memiliki hutang pada orang lain saat mereka meninggal dunia. Maka hutangnya dibayarkan dari harta yang ditinggalkannya sebelum pembagian harta waris. Namun bila orang tua tidak memiliki harta yang akan membayar hutang-hutangnya, maka anak-anaknya asal hukumnya tidak wajib membayarkan hutang-hutang orang tua sekalipun anaknya mampu membayarnya. Maka, hendaklah sebagai orang tua berhati-hati dalam urusan hutang. Namun bila anaknya mampu dan mau melunasi hutang-hutang kedua orang tuanya, maka itu adalah kabaikan yang mendatangkan pahala yang sangat besar. Insya Allah.
Kemudian saat suami menafkahi kedua orang tuanya yang kurang mampu, seringkali ada istri yang tidak rela kepada suaminya. Perlu diketahui, bahwa suami tidak memerlukan izin dari istri untuk menafkahi kedua orang tua suaminya yang tidak mampu. Dan istri seharusnya menyadari bahwa suaminya wajib menafkahi orang tuanya sebagai mana suami menafkahi istrinya. Sabda Rsaulullah saw.
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ أَيُّ النَّاسَ أَعْظَمَ حَقًّا عَلَى الْمَرْأَةِ؟ قَالَ « زَوْجُهَا » قُلْتُ: فَأَيُّ النَّاسَ أَعْظَمَ حَقًّا عَلَى الرَّجُلِ ؟ قَالَ « أُمُّهُ » « ومنها » =رواه البزار والحاكم=
Dari Aisyah ra, berkata: Aku bertanya, Ya Rasulallah, siapa orang yang paling berhak diagungkan oleh seorang wanita, Rasulullah menjawab: Suaminya. Aku tanya lagi, Siapa orang yang paling berhak diagungkan seorang laki-laki. Rasulullah menjawab: Ibunya. =HR. Al Bazzar dan Hakim=
  1. Anak berhutang pada orang tuanya.
Apabila anak berhutang pada ayah atau ibunya. Maka anak wajib melunasi hutangnya selama orang tuanya masih hidup. Namun bila kedua orang tuanya meninggal dunia, sementara ia belum melunasi hutangnya. Karena harta ayah dan ibunya akan menjadi harta waris, maka dia harus membayarkan sebagian hutangnya yang menjadi hak ahli waris lainnya.
Maka dari itu janganlah orang tua menghutangkan hartanya pada anak-anaknya dengan sembunyi-sembunyi karena takut diketahui oleh anak lainya yang bila dikemudian hari akhir diketahui juga bisa menimbulkan kecemburuan diantara mereka. Bila sampai umur (meninggal dunia) pada anaknya dan hutang belum dibayarkan, orang tua biasanya mudah mengikhlaskan hutang anak-anaknya, dan harta orang tua juga harta bagi anak-anaknya. Akan tetapi apabila yang meninggal dunia lebih dahulu orang tuanya yang berhutang, biasanya anak yang berhutang akan mendiamkan hutangnya karena sebelumnya memang tidak diketahui oleh saudara lainnya. Kalau hutang itu kecil, mungkin resikonya tidak begitu besar. Tapi bila jumlah hutang itu besar, lalu ia mendiamkannya juga. Maka ia akan memakan harta yang bukan miliknya, karena sebagian besar dari harta orang tua yang dipinjamnya bila orang tuanya meninggal dunia adalah milik ahli waris lainnya. Wal’iyadzu Billah. Dari Abu Sa’id Akl-Khudri ra. bahwa Rasulullah saw bersabda:
يَخْلُصُ الْمُؤْمِنُوْنَ مِنَ النَّارِ فَيُحْبَسُوْنَ عَلَى قَنْطَرَةٍ بَيْنَ الْجَنَّةِ وَالنَّارِ فَيُقَصُّ لِبَعْضِهِمْ مِنْ بَعْضٍ مَظَالِمُ كَانَتْ بَيْنَهُمْ فِيْ الدُّنْيَا حَتَّى اِذَا هُدِّبُوْا وَنُقُّوْا اُذِنَ لَهُمْ دُخُوْلِ الْجَنَّةِ فَوَالَّذِيْ نَفْسِ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ َلاَحَدُهُمْ اَهْدَى بِمَنْزِلِهِ فِيْ الْجَنَّةِ مِنْهُ بِمَنْزِلِهِ كَانَ فِي الدُّنْيَا =رواه البخاري=
Orang-orang mu’min akan selamat dari neraka lalu tertahan diatas jembatan antara surga dan neraka. Maka satu sama lain menuntut balas kezhaliman yang pernah dilakukan di dunia. Hingga manakala telah bersih (dari dosa kezhaliman) mereka diizinkan memasuki surga. Demi Dzat yang diri Muhammad ada di tangan-Nya, setiap mereka lebih mengetahui tempat masing-masing di surga ketimbang tempatnya yang dulu sewaktu di dunia. (HR. Bukhari).
Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda:
مَنْ كَانَتْ عِنْدَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهَا فَإِنَّهُ لَيْسَ ثَمَّ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُؤْخَذَ لِأَخِيهِ مِنْ حَسَنَاتِهِ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَخِيهِ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ =رواه البخاري=
Barangsiapa yang berbuat zhalim terhadap saudaranya, maka segeralah minta dihalalkan. Karena di akhirat tidak berguna lagi dinar dan dirham, sebelum saudaranya mengambil kebaikan darinya. Jika ia tidak memiliki sesuatu kebaikan, maka akan diambil untuknya keburukan dari saudaranya (orang yang terzhalimi) itu, lalu ditimpakan kepadanya. (HR. Bukhari).
  1. Saudara berhutang pada saudaranya.
Berhutang diantara sesama bersaudara seperti menantu berhutang pada mertua atau sebaliknya, saudara dan saudaranya atau iparnya, cucu dengan kakek atau pamanya, semua memiliki hukum yang sama dengan hutang pada yang tidak memiliki hubungan persaudaraan. Sabda Rasulullah saw.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَفْسُ الْمُؤْمِنِ مُعَلَّقَةٌ بِدَيْنِهِ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ =رواه الترمذي وابن ماجه=
Dari Abu Hurairah ra, bahwa Bersabda Rasulullah saw: “Ruh orang mati itu tergantung dengan hutangnya sampai hutang itu dilunasi untuknya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah). Hadits hasan menurut Tirmidzi.
عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ دِينَارٌ أَوْ دِرْهَمٌ قُضِيَ مِنْ حَسَنَاتِهِ لَيْسَ ثَمَّ دِينَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ =رواه ابن ماجه=
Dari Ibnu Umar ra, ia berkata Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang mati sedang ia punya hutang satu dinar atau satu dirham, kelak dibayarlah (hutang itu) dari kebaikannya yang saat itu tidak ada dinar dan dirham. (HR. Ibnu Majah).
PENUTUP.
Dalam ajaran Islam, janganlah suka menganggap remeh terhadap hutang-piutang, karenanya harus ekstra hati-hati dalam menerapkannya. Karena hutang bisa mengantarkan seseorang masuk ke dalam surga, dan sebaliknya dapat menjerumuskan seseorang ke dalam neraka. Na’udzu Billahi Min Dzalik.
jakarta 5/4/2016

6 komentar:

  1. Sebelumnya perkenalkan nama saya Rahmad Bastian di jawa tengah ingin menceritakan kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling susah kampungku,buat makan aja harus ngutan dulu ama tetangga itupun kalau ada yg mau ngasi,semakin saya berusaha semakin susah juga dapat pekerjaan dan selama saya ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yang benci ama saya dan cuma dianggap orang rendah,miskin,tidak punya apa-apa. Maka dari itu saya akhirnya bertekat untuk pergi mencari dukun yang bisa merubah nasib saya disuatu hari saya bertemu sama orang yang pernah dibantu ama AKI ALIH dan dia memberikan nomer AKI ALIH ,dia juga bilan kepada saya kalau AKI ALIH bisa membantu orang yang lagi kesusahan,dan saya tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI ALIH dengan senan hati AKI ALIH ingin membantu saya dengan jalan togel,dan alhamdulillah saya sudah menang togel yang ke3 kalinya.setelah keberhasilan ini rencana saya ama keluarga ingin buka usaha demi untu kebutuhan keluarga yang tercinta sekali lagi makasih ya aki atas bantuanya jasa aki tidak akan perna saya lupakan.bagi teman-teman diluar sana yang ingin seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH di 082--->"313--->"669--->''888 atau silahkan dan saya sangat bersyukur kepada allah swt karna melalui bantuan AKI ALIH kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tidak akan datan untuk yg kedua kalinya.


    KLIK DISINI 4d 5d 6d































    Sebelumnya perkenalkan nama saya Rahmad Bastian di jawa tengah ingin menceritakan kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling susah kampungku,buat makan aja harus ngutan dulu ama tetangga itupun kalau ada yg mau ngasi,semakin saya berusaha semakin susah juga dapat pekerjaan dan selama saya ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yang benci ama saya dan cuma dianggap orang rendah,miskin,tidak punya apa-apa. Maka dari itu saya akhirnya bertekat untuk pergi mencari dukun yang bisa merubah nasib saya disuatu hari saya bertemu sama orang yang pernah dibantu ama AKI ALIH dan dia memberikan nomer AKI ALIH ,dia juga bilan kepada saya kalau AKI ALIH bisa membantu orang yang lagi kesusahan,dan saya tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI ALIH dengan senan hati AKI ALIH ingin membantu saya dengan jalan togel,dan alhamdulillah saya sudah menang togel yang ke3 kalinya.setelah keberhasilan ini rencana saya ama keluarga ingin buka usaha demi untu kebutuhan keluarga yang tercinta sekali lagi makasih ya aki atas bantuanya jasa aki tidak akan perna saya lupakan.bagi teman-teman diluar sana yang ingin seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH di 082--->"313--->"669--->''888 atau silahkan dan saya sangat bersyukur kepada allah swt karna melalui bantuan AKI ALIH kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tidak akan datan untuk yg kedua kalinya.


    KLIK DISINI 4d 5d 6d






    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU RUSDIANA.saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 7 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jt /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

      Hapus
    2. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU RUSDIANA.saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 7 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jt /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

      Hapus
    3. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU RUSDIANA.saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 7 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jt /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

      Hapus
  2. Sebelumnya perkenalkan nama saya Rahmad Bastian di jawa tengah ingin menceritakan kepada semua teman-teman bahwa saya yang dulunya orang paling susah di kampungku,buat makan aja harus ngutan dulu ama tetangga itupun kalau ada yang mau ngasi,semakin saya berusaha semakin susah juga dapat pekerjaan dan selama saya ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yang benci ama saya dan cuma dianggap orang rendah,miskin,tidak punya apa-apa. Maka dari itu saya akhirnya bertekat untuk pergi mencari dukun yang bisa merubah nasib saya disuatu hari saya bertemu sama orang yang pernah dibantu ama AKI IYUNG dan dia memberikan nomer AKI IYUNG ,dia juga bilan kepada saya kalau AKI IYUNG bisa membantu orang yang lagi kesusahan,dan saya tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI IYUNG dengan senan hati AKI IYUNG ingin membantu saya dengan jalan togel,dan alhamdulillah saya sudah menang togel yang ke3 kalinya.setelah keberhasilan ini rencana saya ama keluarga ingin buka usaha demi untu kebutuhan keluarga yang tercinta sekali lagi makasih ya AKI atas bantuanya jasa aki tidak akan perna saya lupakan.bagi teman-teman diluar sana yang ingin seperti saya silahkan hubungi AKI IYUNG di 082388316533 atau silahkan KLIK DISINI dan saya sangat bersyukur kepada allah swt karna melalui bantuan AKI IYUNG kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tidak akan datan untuk yg kedua kalinya.

    BalasHapus
  3. saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan













    saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

    BalasHapus

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman