Kamis, 17 Desember 2015

IBADAHNYA RASUL





IBADAH RASULULLAH SAW ?

إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ، وَلَنْ ‏‏يُشَادَّ ‏الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ‏ ‏غَلَبَهُ؛ ‏فَسَدِّدُوْا ‏‏وَقَارِبُوْا ‏وَأَبْشِرُوْا، وَاسْتَعِيْنُوْا ‏بِالْغَدْوَةِ ‏وَالرَّوْحَةِ ‏وَشَيْءٍ مِنَ‏ ‏الدُّلْجَةِ
“Sesungguhnya agama ini mudah dan tiada seorang yang mempersulit agama, kecuali pasti dikalahkannya. Bertindaklah yang tepat, lakukan pendekatan, sebarkan berita gembira, dan gunakan siang dan malam hari serta sedikit waktu fajar sebagai penolongmu.”(HR Bukhari)
يَسِّرُوْا وَلاَ تُعَسِّرُوْا، وَبَشِّرُوْا وَلاَ تُنَفِّرُوْا
“Mudahkanlah dan jangan mempersulit, berilah kabar gembira dan jangan membuat orang lari.”(HR Bukhari)
أَنْتُمُ الَّذِينَ قُلْتُمْ: كَذَا وَكَذَا، أَمَا واللهِ إِنِّي ‏لَأَخْشَاكُمْ ِللهِ، وَأَتْقَاكُمْ لَهُ، لَكِنِّي أَصُومُ وَأُفْطِرُ، وَأُصَلِّي وَأَرْقُدُ، وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ؛ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي.
“Kalian yang berkata ini dan itu. Demi Allah, aku adalah orang yang paling takut kepada Allah dan paling bertakwa kepada-Nya. Tetapi aku berpuasa dan berbuka, aku shalat dan tidur, dan aku menikahi wanita. Barangsiapa membenci sunnahku maka dia bukan dari golonganku.”(HR Bukhari)
Rasulullah saw Menegur Ahli Ibadah ?
Seorang sahabat Nabi Muhammad SAW bernama Abdullah bin Amr bin Ash adalah sosok ahli ibadah. Abdullah seolah tidak pernah beristirahat. Ia menghabiskan waktunya untuk puasa, shalat wajib maupun sunnah.

Saking rajin beribadah, Abdullah kurang memperhatikan keluarga, terutama istrinya. Dalam urusan hubungan suami istri, Abdullah cenderung abai. Hal ini menyebabkan sang istri merisaukan apa yang dilakukan suaminya.

Melihat prilaku Abdullah yang hanya selalu rajin shalat, istri Abdullah sowan kepada Nabi Muhammad SAW. Di depan Nabi, Istri Abdullah mengeluhkan perilaku suaminya yang lebih mementingkan ibadah dibanding dirinya.

Setelah mendengar keluhan istri sahabatnya itu, pada suatu hari Nabi Muhammad memanggil Abdullah ke kediamannya.  “Abdullah, apa betul dirimu selalu tekun beribadah sholat, puasa dan berdzikir?.”tanya Rasullah mengklarifikasi.

“Iya betul Ya Rasulullah. Saya tiap malam shalat tahajud, berdzikir tiap malam,” jawab Abdullah.

“Apa betul dirimu tidak pernah beristirahat dan tidak pernah ‘mengumpuli’ istrimu,” tanya Nabi Muhammad menimpali.

“Betul Rasulullah. Saya menunaikan ibadah seperti ini untuk menjalankan sunnah Nabi,” jawab Abdullah.

Mendengar jawaban demikian, Rasulullah menasihati Abdullah dengan kalimat halus. Rasulullah menyatakan perilaku Abdullah itu berlawanan dengan sunnahnya.

“Abdullah, saya itu juga sering menjalankan ibadah shalat, puasa dan ibadah lainnya. Tapi saya  juga istirahat juga 'berkumpul' bersama istriku. Kalau dirimu beribadah terus tanpa memberi perhatian istrimu maka tidak kuakui sebagai umatku,” jawab Rasulullah yang dijawab dengan anggukan Abdullah.
Teladan Ibadahnya Rasulullah saw ?
"Rasulullah Berdiri (shalat) Sampai Bengkak kedua kakinya. Kepadanya ditanyakan: "MENGAPA Andari membebani Diri DENGAN HAL Yang demikian Bukankah Allah swt?. Telah mengampuni Andari Dari Segala dosa Andari, baik Yang terdahulu maupun Yang Datang akan? "Rasulullah saw. Bersabda: "? TIDAK patutkah Saya Menjadi hamba Allah Yang Bersyukur" (Diriwayatkan Diposkan Qutaibah bin Sa'id, JUGA Diposkan Basyar bin Mu'adz, Dari Abu `Awanah, Dari Ziyad bin` alaqah, Yang bersumber Dari al Mughirah bin Syu'bah ra)
1.Shalat Malam ?
"Nabi melihat shalat Malam hari TIGA BELAS rakaat." (Diriwayatkan Abu Diposkan Kuraib- Muhammad bin al A'la-, Dari Waki ​​', Dari Syu'bah, Dari Abi Jamrah, Yang bersumber Dari Ibnu `Abbas ra)" Sesungguhnya apabila Nabi gergaji. TIDAK Sempat shalat Malam hari KARENA tertidur ATAU Berat rasa kantuknya, Maka beliau lakukan shalat doa belas rakaat di siang hari. "(Diriwayatkan Diposkan Qutaibah bin Sa'id, Dari Abu` Awanah, Dari Qatadah, Dari Zurarah bin Aufa, Dari Sa'id bin Hisyam, Yang bersumber Dari `Aisyah ra)
"Sesungguhnya Rasulullah saw. melaksanakan shalat di Malam hari Sebelas raka'at. Beliau lakukan shalat witir (Ganjil) Satu raka'at. Apabila beliau Selesai melakukan shalat ITU, beliau berbaring DENGAN lambung kanannya di Sebelah Bawah. "(Diriwayatkan Diposkan Ishaq bin Musa, Dari Ma'an, Dari Malik, Dari Ibnu Syibab, Dari Urwah, Yang bersumber Dari` Aisyah ra)
"Sesungguhnya Nabi melihat. TIDAK wafat, Sampai kebanyakan shalatnya (shalat sunnah) dilaksanakan hearts keadaan Duduk. "
(Diposkan Diriwayatkan al Hasan bin Muhammad azZa'farani, Dari al Hajjaj bin Muhammad, Dari Ibnu Juraih, Dari `Utsman bin Abi Sulaiman, Dari Abu Salamah bin Abdurrahman`, Yang bersumber Dari `Aisyah ra)
"Aku pelihara Amalan-Amalan Rasulullah saw. Berupa shalat Delapan raka'at.dua raka'at shalat Dzuhur SEBELUM, doa raka'at sesudahnya, doa raka'at shalat Magrib Sesudah Dan doa raka'at shalat Isya Sesudah '"Selanjutnya Ibnu`Umar Berkata:". Hafshah menceritakan kepadaku Perihal doa raka'at shalat fajar. TAPI aku Tak Pernah melihatnya dilakukan Rasulullah saw. "(Diriwayatkan Diposkan Qutaibah bin Sa'id, Dari Marwan bin Mu'awiyah al Farazi, Dari Ja'far bin Burqaq, Dari Maimun bin Mihran, Yang bersumber Dari Ibnu Umar ra`)
2.Wudhu ?
"Rasulullah saw. Keluar Dari Jamban, Maka dihidangkan kepadanya makanan.Kemudian para sahabat Berkata: `Apakah Kami Perlu menyediakan Bagi Andari wudlu udara" beliau Menjawab: "?. Sesungguhnya aku disuruh berwudlu apabila aku akan melakukan shalat" (Diriwayatkan Ahmad bin Diposkan Mani ', Dari Isma 'il bin Ibrahim, Dari Ayyub, Dari Ibnu Mulaikah Yang bersumber Dari Ibnu `Abbas ra)
3.Shalat Dhuha ?
"Sesungguhnya Nabi melihat. . melakukan shalat empat dalam raka'at Sesudah tergelincir matahari, shalat Dzuhur SEBELUM "beliau bersabda:" Sesungguhnya Waktu ITU merupakan Saat Pintu-Pintu langit Terbuka. Maka aku menyukai amal salehku diangkat Saat ITU. "(Diposkan Diriwayatkan Muhammad bin al Mutsana, Dari Abu Daud, Dari Muhammad bin Muslim bin Abil Wadldlah, Dari` Abdul Karim al Jazari, Dari Mujahid, Yang bersumber Dari `Abdullah bin sebagai Saib ra)
4.Shalat Sunnah di Rumah ?
"Aku bertanya Kepada Rasulullah saw. . TENTANG shalat di rumah Dan shalat di masjid "beliau bersabda:" Sungguh, Kau Melihat hal Sendiri, Alangkah dekatnya rumahku DENGAN masjid. Sungguh Aku Lebih Suka shalat di rumah daripada shalat di masjid, kecuali shalat fardhu ITU shalat. "(Diriwayatkan Diposkan` Abbas al Anbari, Dari `Abdurrahman bin Mahdi, Dari Mu'awiyah bin Shalih, Dari al A'la bin Harits, Dari Haram bin Mu'awiyah, Yang bersumber Dari pamannya `Abdullah bin Sa'ad ra)
5.Puasa Sunnah ?
"Rasulullah saw. shaum PADA Awal bulan selama Tiga hari PADA SETIAP bulan, Dan Jarang Sekali beliau TIDAK berbuka PADA hari Jum'at. "(Diriwayatkan Diposkan al Qasim bin Dinar al Kufi, Dari` Ubaid bin Musa, Dan diriwayatkan pula Diposkan Thalaq bin Ghanam, Dari Syaibani , Dari `Ashim, Dari Zirin bin Hubaisy, Yang bersumber Dari` Abdullah ra)
"Nabi melihat. bersungguh-Sungguh mengamalkan shaum hari Senin Dan Kamis. "(Diriwayatkan Abu Hafsah Diposkan -`Umar bin` Ali-, Dari `Abdullah bin Daud, Dari Tsaur bin Yazid, Dari Khalid bin Ma'dan, Dari Rabi'ah al Jarsyi, Yang bersumber Dari `Aisyah ra)
"Hari Asyura (Sepuluh Muharram) Adalah hari Yang dishaumi kaum Quraisy PADA zaman jahiliyah. Rasulullah saw. pun shaum PADA hari ITU. Manakala beliau Tiba di Madinah, beliau shaum PADA hari ITU Dan beliau perintahkan agar hari ITU dishaumi. Manakala bulan Ramadhan diwajibkan untuk review shaum, Maka shaum Ramadhanlah Yang Menjadi Kewajiban, Dan beliau Tinggalkan hari `Asyura. Basrang siapa Ingin shaum silahkan Dan Barang siapa Yang TIDAK mau shaum tinggalkanlah. "(Diriwayatkan Diposkan Harun bin Ishaq, al Hamdzani,` Abdah bin Sulaiman, Dari Hisyam bin `Urwah, Dari bapaknya, Yang bersumber Dari` Aisyah ra)
6.Baca al-Qur’an ?
"Aku bertanya Kepada Anas bin Malik ra:" Bagaimanakah Bacaan (Al Qur'an) Rasulullah saw "Ia Menjawab:".? Bermad (bertajwid). "(Diriwayatkan Diposkan Muhammad bin Basyar, Dari Wahab bin Jurair bin Hazim, Dari ayahnya, Yang bersumber Dari Qatadah ra)
"Rasulullah saw. bacannya memotong (PADA SETIAP ayat). Beginilah Cara membacanya: "Alhamdulillahi Rabbil` Alamin ", kemudian beliau berhenti.Selanjutnya dibaca:" Arrahmanirrahim ", kemudian beliau Berhenti. Selanjutnya dibaca: "Maliki yaumiddin," (Diriwayatkan Diposkan `Ali bin Hujr, Dari Yahya bin Sa'id al Umawi, Dari Ibnu Juraij, Dari Ibnu Abi Mulaikah, Yang bersumber Dari Ummu Salamah ra)
Sumber:1.http://www.nu.or.id
2.https://abizakii.wordpress.com
Jakarta 17/12/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman