Senin, 23 November 2015

WIRID AL-FALAQ DAN ANNAS




KEAJAIBAN SURAT AL-FALAQ DAN ANNAS ?


Muqaddimah
Manusia memiliki Musuh, baik Dari Dirinya Sendiri maupun Dari Lingkungan Sekitarnya. Nabi shalallahu 'alaihi wassalam bersabda,
إن الشيطان يجري من ابن آدم مجرى الدم
"Sesungguhnya s ETAN Mengalir hearts pembuluh Darah Anak Sebuah bendungan." (HR. M uslim ada. 2173)
Oleh KARENA ITU, SETIAP hari Manusia berada di medan peperangan, Melawan Musuh hearts Dirinya. Hanya ADA doa kemungkinan: Menang Kalah ATAU.
Ketika dia marah, pembuluh darahnya melebar sehingga setan leluasa menguasainya pun. Tatkala dia Lalai Dari Dzikrullah, setan pun menguasainya, BeGiTu pula sebaliknya.
Musuh Manusia Dari Lingkungan Sekitarnya LEBIH Beragam. Musuh Suami Bisa Berupa Benda mati, Hewan, Malam Kegelapan, bangsa jin [1], dsb. Allah 'azza wa jalla Dan Rasul-Nya n Telah mengajarkan Kepada hamba-Nya Cara membentengi Diri Dan Melawan tersebut Musuh-Musuh. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,
وإما ينزغنك من ٱلشيطن نزغ فٱستعذ بٱلله
"Dan jika setan mengganggumu DENGAN Suatu Gangguan, mohonlah Perlindungan Kepada Allah." (F ushshilat: 36)
Salah Satu Cara membentengi Diri Adalah membaca surat al-Falaq Dan an-Nas. Kedua surat Suami dikenal DENGAN sebutan sebuah l-Mu'awwidzatain (dua Pelindung) KARENA diamalkan untuk review berlindung Dan membentengi Diri.
Dalam Shahih-nya, Imam Muslim meriwayatkan dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
(( أَلَمْ تَرَ آيَاتٍ أُنْزِلَتْ اللَّيْلَةَ لَمْ يُرَ مِثْلُهُنَّ قَطُّ؟))
“Tahukah engkau ayat-ayat yang telah diturunkan malam ini, tidak pernah ada yang menyerupainya sama sekali? Kemudian beliau mengatakan:
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ
Sedangkan at-Tirmidzi, an-Nasa’i dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu hadits berikut,
((كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَعَوَّذُ مِنْ عَيْنِ الْجَانِّ وَعَيْنِ الإِنْسِ, فَلَمَّا نَزَلَتْ الْمُعَوِّذَتَانِ أَخَذَ بِهِمَا, وَتَرَكَ مَا سِوَى ذَلِكَ))
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berlindung dari mata jahat jin dan manusia. Ketika turun alMu’awwidzatain, beliau memakainya dan meninggalkan yang lain. (dihukumi shahih oleh al-Albani)
Kedua surat ini disunatkan dibaca setiap selesai shalat wajib. Dalam hadits lain, ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan,
(( أَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقْرَأَ بِالْمُعَوِّذَاتِ دُبُرَ كُلِّ صَلاَةٍ))
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan saya untuk membaca alMu’awwidzat tiap selesai shalat.” (HR. Abu Dawud, dihukumi shahih oleh al-Albani)
Disunatkan juga membacanya sebelum dan sesudah tidur, sebagaimana disebutkan dalam hadits ‘Uqbah yang lain:
(( ياَ عُقْبَةُ ! اِقْرَأْ بِهِمَا كُلَّمَا نِمْتَ وَقُمْتَ، مَا سَأَلَ سَائِلٌ وَلاَ اِسْتَعَاذَ مُسْتَعِيْذٌ بِمِثْلِهِمَا))
“Wahai ‘Uqbah, bacalah keduanya setiap kamu tidur dan bangun. Tidaklah seseorang bisa meminta atau berlindung dengan seperti keduanya.”  (HR. Ahmad dan Ibnu Khuzaimah, dihukumi hasan oleh al-Albani)
Keutamaan Surat al-Mu’awwidztatain ?
Hadits Tirmidzi 2827
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ أَبِي خَالِدٍ أَخْبَرَنِي قَيْسُ بْنُ أَبِي حَازِمٍ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَدْ أَنْزَلَ اللَّهُ عَلَيَّ آيَاتٍ لَمْ يُرَ مِثْلُهُنَّ { قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ } إِلَى آخِرِ السُّورَةِ وَ { قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ } إِلَى آخِرِ السُّورَةِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
Allah menurunkan beberapa ayat yg belum pernah ditemukan bandingannya, yaitu; QUL A'UUDZU BIRABBIN NAAS hingga akhir surat & QUL A'UUDZU BIRABBIL FALAQ hingga akhir surat. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2827].
Hadits Tirmidzi No.2827 Secara Lengkap
[[[Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Basyar] telah menceritakan kepada kami [Yahya bin Sa'id] telah menceritakan kepada kami [Isma'il bin Abu Khalid] telah mengabarkan kepadaku [Qais bin Abu Hazim] dari ['Uqbah bin Amir Al Juhani] dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Allah menurunkan beberapa ayat yang belum pernah ditemukan bandingannya, yaitu; QUL A'UUDZU BIRABBIN NAAS hingga akhir surat dan QUL A'UUDZU BIRABBIL FALAQ hingga akhir surat." Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.]]]
Hadits Tirmidzi 2828
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبَاحٍ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ أَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقْرَأَ بِالْمُعَوِّذَتَيْنِ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ
Rasulullah memerintahkan kepadaku agar aku membaca AL MU'AWWIDZATAIN (surat Al Falaq & An Naas) setiap selesai shalat. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan gharib. [HR. Tirmidzi No.2828].
Hadits Tirmidzi No.2828 Secara Lengkap
[[[Telah menceritakan kepada kami [Qutaibah] telah menceritakan kepada kami [Ibnu Lahi'ah] dari [Yazid bin Abu Habib] dari [Ali bin Rabah] dari ['Uqbah bin Amir] ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan kepadaku agar aku membaca AL MU'AWWIDZATAIN (surat Al Falaq dan An Naas) setiap selesai shalat." Abu Isa berkata; Hadits ini hasan gharib.]]]
Preferensi al-Falaq Dan an-Nas ?
Di ANTARA Preferensi-keutamaannya Adalah SEBAGAI berikut.
  1. TIDAK ADA surat Yang menyerupainya-yang digunakan untuk review ber isti'adzah (Minta Perlindungan) hearts -DI Taurat, Injil, bahkan al-Qur'an. Al-Imam Muslim meriwayatkan hearts S hahih -nya, Dari 'Uqbah bin' Amir radhiyallahu 'anhu, Nabi shalallahu' alaihi wassalam bersabda,
  2. ألم تر آيات أنزلت هذه الليلة, لم ير مثلهن قط: قل أعوذ برب ٱلفلق و قل أعوذ برب ٱلناس
"Tidakkah kamu Melihat hal yang yat-ayat Yang diturunkan PADA Malam Ini? TIDAK ADA Yang semisal dengannya sama Sekali. Ayat-ayat tersebut Adalah surat Qul a'udzu birabbil falaq Dan Qul a'udzu birabbin nas. "
  1. Keduanya membentengi Diri Dari penyakit 'ain (penyakit Akibat pandangan Yang berbahaya, baik pandangan bangsa jin maupun Manusia).
Diposkan diriwayatkan at-Tirmidzi, an-Nasa'i, Ibnu Majah Dan DENGAN sanad hasan Yang, Dari Abu Sa'id al-Khudri radhiyallahu 'anhu, Nabi shalallahu' alaihi wassalam ber isti'adzah Dari penyakit 'ain, baik Dari bangsa jin maupun Manusia.
  1. Membacanya DAPAT menghilangkan rasa sakit. Diposkan diriwayatkan al-Imam Malik DENGAN sanad shahih Yang, Dari 'Aisyah radhiyallahu' anha, apabila Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam merasakan sakit, beliau membaca al-M u'awwidzatain Dan meniupkannya PADA kedua Telapak serbi kemudian mengusapkannya PADA daerah adalah Yang sakit.
  2. Surat al-Falaq Dan an-Nas Menjadi benteng ketika Seseorang bermalam (Tidur). Caranya disebutkan Diposkan hadits 'Aisyah radhiyallahu' anha, Yaitu DENGAN menggabungkan kedua Telapak Tangan, meniup PADA keduanya, kemudian membaca PADA keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq, Dan an-Nas. Penghasilan kena pajak ITU, kedua Telapak Tangan diusapkan KE badan, dimulai Dari kepala Dan Wajah, Hingga ANGGOTA badan Yang Bisa dijangkau. Hal inisial dilakukan kali Tiga. (HR. Al-Bukhari no. 5017 Dan Muslim no. 2192)
  3. Kedua surat inisial termasuk surat Yang memucat dibaca Sering, SEBAGAI zikir pagi Dan zikir petang, Bacaan surat hearts shalat, Dan Yang Telah disebutkan di differences.
Ikhtitam
  1. Surat ini adalah surat yang utama, dan dianjurkan dibaca setelah shalat, sebelum dan sesudah tidur, dalam dzikir pagi dan sore, juga dalam ruqyah.
  2. Kita memohon perlindungan hanya kepada Allah dari semua kejahatan secara umum, dan beberapa hal secara khusus karena lebih sering terjadi, lebih samar atau karena mengandung bahaya yang lebih.
  3. Mewaspadai kejahatan malam, tukang sihir dan pendengki.
  4. Sihir dan ‘ain adalah perkara yang hakiki.
  5. Kesempurnaan agama Islam yang mengajarkan cara melindungi diri dari berbagai kejahatan.
  6. Kekurangan sebagian umat Islam dalam memahami, mengamalkan dan menghayati ajaran Islam.
2.https://qonitah.com
3.http://www.mutiarahadits.com
Jakarta 24/11/2015

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman