BERTAUBAT SEBELUM MAUT
MENJEMPUT ?
فَلَا تُزَكُّوا أَنْفُسَكُمْ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقَى
"Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci.
Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa." (QS. Al
Najm: 32)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آَمَنُوا مَعَهُ نُورُهُمْ يَسْعَى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah
kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan
Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah
yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak
menghinakan nabi dan orang-orang mukmin yang bersamanya."
Firman Allah Ta'ala QS. An-Nur: 31
وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
"Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah,
Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."
إِنَّ اللَّهَ يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَا لَمْ يُغَرْغِرْ
"Sesungguhnya Allah tetap menerima taubat
seorang hamba selama ruh (nyawa)nya belum di tenggorokan." (HR.
At-Tirmidzi, hadits hasan)
Muqaddimah
Taubat atau
dalam Bahasa Arabnya juga تَوْبَة (taubah) berasal dari perkataan
تَوَبَ (tawaba) yang dari segi bahasa
bermaksud kembali. Seseorang itu dikatakan تابَ (taaba
– telah bertaubat) sekiranya dia telah kembali dari melakukan dosa atau telah
meninggalkan dosa itu.
Adapun dari
sudut istilah, apabila dikatakan seseorang itu telah bertaubat maksudnya dia
telah kembali dari melakukan maksiat atau dosa terhadap Allah untuk dia
mentaati Allah. Jadi jelas kaitan di antara maksud taubat menurut bahasa dan
juga istilah Syaraknya.
Taubat
Nasuha ?
Taubat
Nasuha adalah satu istilah bahasa Arab bahkan disebut dalam Al-Quran. Nasuha
berasal dari kalimah yang sama dengan ‘Nasihat’ yang maknanya bersih, jujur
lagi benar. Taubat Nasuha bererti taubat yang benar lagi jujur, bukan kerana
sebab yang lain tetapi semata-mata kerana hendak bertaubat kepada Allah Subhanahu
wa Ta’ala. Hal ini disebut dalam Surah Al-Tahrim ayat ke-8,
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا تُوبُوا إِلَى اللهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا اْلأَنْهَارُ
“Wahai
orang-orang yang beriman, bertaubatlah kamu kepada Allah dengan taubat Nasuha
(taubat yang benar). Moga-moga dihapuskan dari kamu dosa-dosa kamu dan kamu
dimasukkan ke dalam Syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (Surah
Al-Tahrim, 66: 8)
Perintah Bertaubat ?
Diriwayatkan Imam Muslim, dari Abu Sa'id Al-Khudri Radliyallah
'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَبْسُطُ يَدَهُ بِاللَّيْلِ لِيَتُوبَ مُسِيءُ النَّهَارِ وَيَبْسُطُ يَدَهُ بِالنَّهَارِ لِيَتُوبَ مُسِيءُ اللَّيْلِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا
"Sungguh Allah 'Azza wa Jalla membentangkan
tangan-Nya pada malam hari untuk merima taubat pelaku dosa di siang hari, dan
akan membentangkan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima taubat pelaku dosa
di malam hari."
6. Diriwayatkan Imam muslim dan Ibnu Majah, dari
Rifa'ah Al-Juhni, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda:
إِنَّ اللَّهَ يُمْهِلُ حَتَّى إِذَا ذَهَبَ مِنْ اللَّيْلِ نِصْفُهُ أَوْ ثُلُثَاهُ قَالَ لَا يَسْأَلَنَّ عِبَادِي غَيْرِي مَنْ يَدْعُنِي أَسْتَجِبْ لَهُ مَنْ يَسْأَلْنِي أُعْطِهِ مَنْ يَسْتَغْفِرْنِي أَغْفِرْ لَهُ حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ
"Sungguh Allah akan memberi tangguh, sehingga
berlalu setengah atau sepertiga malam, lalu berfirman: ((hambaku tidak meminta
kepada selain-Ku, maka siapa saja yang berdoa kepada-Ku pasti kan Ku kabulkan,
siapa saja yang meminta kepadaku pasti kan kupenuhi permintaannya, siapa saja
yang memohon ampun pada-ku pasti kan kuampuni sehingga terbit faja.))."
7. Diriwayatkan Imam Muslim, dari
Anas bin Malik radliyallah 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda:
لَلَّهُ أَشَدُّ فَرَحًا بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ حِينَ يَتُوبُ إِلَيْهِ مِنْ أَحَدِكُمْ كَانَ عَلَى رَاحِلَتِهِ بِأَرْضِ فَلَاةٍ فَانْفَلَتَتْ مِنْهُ وَعَلَيْهَا طَعَامُهُ وَشَرَابُهُ فَأَيِسَ مِنْهَا فَأَتَى شَجَرَةً فَاضْطَجَعَ فِي ظِلِّهَا قَدْ أَيِسَ مِنْ رَاحِلَتِهِ فَبَيْنَا هُوَ كَذَلِكَ إِذَا هُوَ بِهَا قَائِمَةً عِنْدَهُ فَأَخَذَ بِخِطَامِهَا ثُمَّ قَالَ مِنْ شِدَّةِ الْفَرَحِ اللَّهُمَّ أَنْتَ عَبْدِي وَأَنَا رَبُّكَ أَخْطَأَ مِنْ شِدَّةِ الْفَرَحِ
"Sungguh Allah sangat gembira dengan taubat
hambanya ketika bertaubat kepada-Nya, melebihi senangnya seorang hamba yang
bepergian dengan kendaraannya di sebuah negeri yang gersang, lalu kendaraannya
tadi hilang, padahal bekal makan dan minumnya berada di atasnya, lalu ia patah
harapan untuk mendapatkannya, lalu ia berteduh di bawah pohon dengan diliputi
kekecewaan. Ketika seperti itu, tiba-tiba kendaraannya berdiri di sampingnya,
lalu ia pegang tali kendalinya, kemudian berkata dengan gembiranya : "Ya
Allah, Engkau adalah hambaku sedangkan akku adalah tuhan-Mu!! Dia telah
melakukan kesalahan karena terlalu gembira."
8. Diriwayatkan Ibnu Majah, dari Abu Hurairah radliyallah
'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
لَوْ أَخْطَأْتُمْ حَتَّى تَبْلُغَ خَطَايَاكُمْ السَّمَاءَ ثُمَّ تُبْتُمْ لَتَابَ عَلَيْكُمْ
"Seandainya kalian semua melakukan kesalahan
(dosa), sehingga dosa kalian mencapai setinggi langit, kemudian kalian
bertaubat pasti Allah akan mengampuni kalian." (Dihasankan oleh Syaikh
Al-Albani dalam al Shahihah: 2/604)
9. Diriwayatkan Ibnu Majah, dari Anas bin Malik radliyallah
'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ
"Setiap anak Adam pasti memiliki kesalahan,
dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah mereka yang mau bertaubat."
(Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam al Misykah dan shahih sunan Ibni Majah)
b. Sebelum Matahari terbit dari barat. Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam bersabda:
مَنْ تَابَ قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ
"Barangsiapa yang bertaubat sebelum matahari
terbit dari barat, maka Allah akan menerima taubatnya." (HR. Muslim;
2703)
لِلجَنَّةِ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابٍ : سَبْعَةٌ مُغَلَّقَةٌ ، وَبَابٌ مَفْتُوْحٌ لِلتَّوْبَةِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا
"Surga memiliki delapan pintu; tujuh buahnya
tertutup, dan ada satu buah yang terbuka untuk taubat sehingga matahari terbit
dari barat." (HR. Ath-Thabrani, dicatat oleh Imam Al-Mundziri dalam
Taghib Wa Tarhib dengan isnad hasan. Namun hadits ini didha'ifkan oleh Syaikh
Al Albani dalam dza'if al Targhib wa al Tarhib)
وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ
“Dan mereka
(orang-orang beriman) apabila melakukan perbuatan keji atau menzalimi diri
mereka sendiri, mereka segera ingat akan Allah lalu meminta keampunan terhadap
dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampunkan dosa selain Allah? Dan
mereka tidak terus menerus dalam perbuatan dosanya itu, sedang mereka
mengetahui (kesalahan dan akibat dari dosa itu).” (Surah Ali Imran: 135)
Syarat Taubat Nasuha ?
Ada 2
(dua) tipe dosa kesalahan yang dilakukan oleh manusia yaitu dosa kepada Allah
dan dosa atau salah kepada sesama manusia (haqqul adami). Rincian tata tacara
tobatnya sebagai berikut:
Taubat kepada Allah ?
Imam
Nawawi dalam kitab Al-Adzkar 2/845 mengatakan bahwa ada 3 (tiga) syarat dalam
melaksanakan taubat nasuha atas dosa yang dilakukan kepada Allah:
اعلم أن كل من ارتكب معصية لزمه المبادرة إلى التوبة منها ، والتوبة من حقوق الله تعالى يشترط فيها ثلاثة أشياء : أن يقلع عن المعصية في الحال . وأن يندم على فعلها . وأن يعزم ألا يعود إليها .
Ketahuilah
bahwa setiap orang yang melaksanakan dosa maka wajib baginya segera melakukan
taubat (nasuha). Adapun taubat dari dosa kepada Allah (haqqullah) ada tiga
syarat:
Pertama,
berhenti dari perbuatan dosa itu seketika itu juga.
Kedua,
menyesali perbuatannya.
Ketiga,
berniat tidak mengulangi lagi.
Apabila
tidak terpenuhi ketiga syarat di atas, maka tidak sah taubatnya.
Taubat sesama manusia ?
Imam
Nawawi dalam kitab Al-Adzkar 2/845 menyatakan cara taubat dari dosa yang
bersifat haqqul adami atau pada manusia adalah sebagai berikut:
Pertama,
meninggalkan perilaku dosa itu sendiri
Kedua,
menyesali perbuatan maksiat yang telah dilakukan.
Ketiga,
berniat tidak melakukannya lagi selamanya.
Keempat,
membebaskan diri dari hak manusia yang dizalimi dg cara sbb:
(a)
Apabila menyangkut harta dengan cara mengembalikan harta tersebut;
(b)
Apabila menyangkut non-materi seperti pernah memfitnah, ngerasani (ghibah), dll
maka hendaknya meminta maaf kepada yang bersangkutan.
Sumber:1.Al-Qur’an
Hadits 2.http://www.alkhoirot.net
JAKARTA
26/4/2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar