Selasa, 23 September 2014

PERKEMBANGAN ISLAM (XII/I)




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah    : SMA JOSUA
Mata Pelajaran   :        Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester  :        XII / 1
Waktu                 : 6 x 45 menit
Aspek                  : Tarikh dan Kebudayaan Islam


A. Standar Kompetensi
6.      Memahami perkembangan Islam di Indonesia.

B. Kompetensi Dasar
6.1    Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
6.2    Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
6.3    Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia

C. Indikator Pencapaian Kompetensi    :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
  Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
  Mampu menentukan ciri-ciri  perkembangan Islam di Indonesia
  Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di  Indonesia
  Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di Indonesia.
  Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D. Materi Ajar (Materi Pokok)
  Perkembangan Islam di Indonesia.
  Contoh perkembangan Islam di Indonesia
  Hikmah perkembangan Islam di Indonesia.

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.  Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
  Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
  Mampu menentukan ciri-ciri  perkembangan Islam di Indonesia
  Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di  Indonesia
  Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di Indonesia.
  Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.

G.   Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan perkembangan Islam di Indonesia.
  Mendiskusikan contoh perkembangan Islam di Indonesia.
  Mendiskusikan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
  Mengidentifikasi contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia.
  Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
  Mengidentifikasi perkembangan Islam di Indonesia

  Siswa mencari literatur tentang perkembangan Islam diIndonesia.
  Siswa mengambil manfaat dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran perkembangan Islam di Indonesia,
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar perkembangan Islam di Indonesia?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah mengerti dan faham tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia ?.                                 
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan pandangannya tentang perkembangan Islam di Indonesia.

Eksplorasi
-      Mencari literatur tentang perkembangan Islam diIndonesia.
-      Mendiskusikan perkembangan Islam di Indonesia.
-      Menunjukkan manfaat  sejarah perkembangan Islam di Indonesia.
-      Mengidentifikasi contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia.
-      Mendiskusikan contoh perkembangan Islam di Indonesia.

Konfirmasi
-      Dalam materi perkembangan Islam diIndonesia  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu sejarah mengenai keagungan nilai-nilai Islam yang berkembang di Nusantara secara cepat menunjukan betapa gigihnya mereka menyebarkan agama Allah ini dengan ataupun tanpa sarana yang memadai, bagaimana dengan kita….? Yang telah hidup pada jaman modern dengan sarana teknologi canggih, mungkinkah Islam akan menyebar lebih luas melalui diri kita atau sebaliknya,……!.

c.  Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca kesimpulan tentang materi perkembangan Islam diIndonesia sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah tentang perkembangan Islam diIndonesia.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.  Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3
                                                                            
         

Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman