Selasa, 23 September 2014

PERILAKU TERPUJI (XII/I)




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah    : SMA JOSUA
Mata Pelajaran   :        Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester  :        XII / 1
Waktu                 : 6 x 45 menit
Aspek                  :  Akhlak
A. Standar Kompetensi
4.      Membiasakan perilaku terpuji.

B. Kompetensi Dasar
4.1   Menjelaskan pengertian adil, ridha, dan amal shaleh
4.2.  Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, dan amal shaleh
4.3   Membiasakan perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari

C. Indikator Pencapaian Kompetensi    :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan pengertian adil
  Mampu menjelaskan pengertian ridha
  Mampu menjelaskan pengertian amal saleh.
  Menampilkan contoh perilaku adil.
  Menampilkan contoh perilaku ridha.
  Menampilkan contoh perilaku amal saleh.
  Menunjukkan perilaku adil.
  Menunjukkan perilaku ridha.
  Menunjukkan perilaku amal shaleh.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D. Materi Ajar (Materi Pokok)
  Adil, Ridha dan amal saleh

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.  Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menjelaskan pengertian adil
  Mampu menjelaskan pengertian ridha
  Mampu menjelaskan pengertian amal saleh.
  Menampilkan contoh perilaku adil.
  Menampilkan contoh perilaku ridha.
  Menampilkan contoh perilaku amal saleh.
  Menunjukkan perilaku adil.
  Menunjukkan perilaku ridha.
  Menunjukkan perilaku amal shaleh.

G.   Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan pengertian adil.
  Mendiskusikan pengertian  rida.
  Mendiskusikan pengertian amal saleh.
  Berlatih berperilaku adil.
  Berlatih berperilaku rida.
  Berlatih berperilaku amal saleh.
  Siswa membiasakan perilaku adil.
  Siswa membiasakan perilaku rida.
  Siswa membiasakan perilaku amal saleh.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran adil, ridha, dan amal shaleh,
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar tentang adil, ridha, dan amal shaleh ?
-      Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang adil, ridha, dan amal shaleh?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah mengerti dan faham tentang adil, ridha, dan amal shaleh ?.                                 
-      - Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan pandangannya tentang adil, ridha, dan amal shaleh.

Eksplorasi
-      Mendiskusikan pengertian adil.
-      Mendiskusikan pengertian  ridha.
-      Mendiskusikan pengertian amal shaleh.
-      Mempraktikkan contoh perilaku adil.
-      Mempraktikkan contoh perilaku ridha.
-      Mempraktikkan contoh perilaku amal shaleh.
-      Berlatih berperilaku adil.
-      Berlatih berperilaku ridha.
-      Berlatih berperilaku amal shaleh.

Konfirmasi
-      Dalam materi adil, ridha, dan amal shaleh  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu berbuat adillah karena adil mendekatkan diri kepada takwa, dan ikhlaslah karena kunci kemurnian jiwa terlatak pada keikhlasan hati

c.  Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca kesimpulan tentang materi adil, ridha, dan amal shaleh sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah adil, ridha, dan amal shaleh.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H. Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.  Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3
                                                                                

Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman