Selasa, 23 September 2014

HUSNUZHAN (X/1)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )

Nama Sekolah : SMA JOSUA

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : X / 1

Waktu : 6 x 45 menit

Aspek : Akhlak

A. Standar Kompetensi

4. Membiasakan perilaku terpuji.

B. Kompetensi Dasar

4.1 Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan.

4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

4.3 Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.



C. Indikator Pencapaian Kompetensi :

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai Budaya DanKarakter Bangsa


 Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah.
– Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
– Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.
– Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah.
– Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.
– Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.
– Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah.
– Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
– Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.

Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :

– Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
– Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
– Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
– Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
– Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
– Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D. Materi Ajar (Materi Pokok)

Husnuzhan :

- Pengertian Perilaku Husnuzhan

E. Metode Pembelajaran:

– Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F. Tujuan Pembelajaran

Siswa diharapkan mampu untuk :

– Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah.
– Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
– Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.
– Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah.
– Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.
– Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.
– Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah.
– Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
– Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.


G. Strategi Pembelajaran

Tatap Muka
Terstruktur

Mandiri

– Bertanya jawab tentang pengertian perilaku husnu zhan.
– Bertanya jawab tentang prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.
– Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah.
– Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
– Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
– Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah.
– Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
– Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Awal

Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti

Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

Elaborasi

Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian Perilaku Husnuzhan

Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:

Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang perilaku husnuzhan?
Pernahkah kalian berperilaku husnuzhan?
Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti perilaku husnuzhan?
Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang perilaku husnuzhan untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
Guru menjelaskan tentang perilaku husnuzhan baik terhadap Allah maupun terhadap diri sendiri.

Eksplorasi

- Selanjutnya siswa menyebutkan perilaku husnuzhan dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru.

- Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti perilaku husnuzhan kepada siswa.

- Setelah selesai guru menjelaskan perilaku husnuzhan.

- Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan.

- Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku husnuzhan secara berkelompok.

- Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi

- Perilaku husnuzhan banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti selalu berfikir positif terhadap takdir Allah dan tidak berprasangka terhadap nikmat-Nya . Jika direnungkan, betapa Indah dan mulianya bersikap positif tanpa prasangka .

c. Kegiatan Akhir (Penutup)

Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan sebagai penutup materi pembelajaran.
Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan .
Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H. Penilaian

– Tes perbuatan (Performance Individu)
– Tes tertulis

I. Bahan/Sumber Belajar

  • – Al Quran dan terjemahan DepartemenAgamaRI
  • Buku pelajaran PAI SMA kelas I

Mengetahui Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran


(............................................)                                                                        (..................................)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman