Selasa, 23 September 2014

HARI AKHIR (XII/I)





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )



Nama Sekolah    : SMA JOSUA

Mata Pelajaran   :        Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester  :        XII / 1

Waktu                 : 4 x 45 menit

Aspek                  :  Aqidah

A. Standar Kompetensi

3.      Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir.



B. Kompetensi Dasar

3.1   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir

3.2   Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir



C. Indikator Pencapaian Kompetensi    :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
  Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
  Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari
  Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
  Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir
  Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.



Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :

  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.

  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain

  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).

  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).

  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)

  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)



D. Materi Ajar (Materi Pokok)

  Iman kepada Hari Akhir.

  Hikmah beriman kepada hari akhir



E.  Metode Pembelajaran:

  Ceramah , tanya jawab dan Praktek



F.  Tujuan Pembelajaran

Siswa diharapkan mampu untuk :

  Mampu menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.

  Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.

  Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari

  Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir.

  Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir

  Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.



G.   Strategi Pembelajaran

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
  Mengidentifikasi hikmah yang terkandung dalam beriman kepada Hari Akhir.
  Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir.
  Siswa menyebutkan hikmah beriman kepada hari akhir.
  Siswa membiasakan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
  Siswa membiasakan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.



Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.  Kegiatan Awal

-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.

-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán

-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit

-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.



b. Kegiatan Inti

Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

Elaborasi

Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran keimanan kepada Hari Akhir,

-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:

-      Pernahkah kalian mendengar tentang cerita hari akhir ?

-      Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang hari akhir ?

-      Siapakah diantara kalian yang sudah mengerti dan faham tentang tanda-tanda hari akhir ?.                                 

-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan pandangannya tentang hari akhir.



Eksplorasi

-      Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.

-      Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.

-      Menerapkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.

-      Mengidentifikasi hikmah yang terkandung dalam beriman kepada Hari Akhir.

-      Mendiskusikan hikmah beriman kepada hari akhir.

-      Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir.

-      Menunjukkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.



Konfirmasi

-      Dalam materi keimanan kepada hari akhir   banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu menerangkan kepada kita bahwa dunia hanya sementara ada ujung penantiannya yakni hari akhir, oleh sebab itu perbanyaklah ibadah karena kita semau fana dan tidak kekal ada alam pertanggung-jawaban nantinya.



c.  Kegiatan Akhir (Penutup)

-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca kesimpulan tentang materi iman kepada hari akhir sebagai penutup materi pembelajaran.

-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah iman kepada hari akhir.

-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.

-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.



H. Penilaian

  Tes perbuatan (Performance Individu)

  Tes tertulis



I.  Bahan/Sumber Belajar

  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI

  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3

                                                                            

         




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________



.............. , ...............................

Guru Bidang Studi







_________________________

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman