Selasa, 23 September 2014

ETOS KERJA (XII/I)







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )



Nama Sekolah    : SMA JOSUA

Mata Pelajaran   :        Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester  :        XII / 1

Waktu                 : 6 x 45 menit

Aspek                  :  Al-Qur’an

A. Standar Kompetensi

 2. memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja..



B. Kompetensi Dasar

2.1    Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10

2.2    Menjelaskan arti QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10

2.3    Membiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan QS Al-Jumuah: 9-10



C. Indikator Pencapaian Kompetensi    :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu membaca QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10 dengan baik dan benar
  Mampu mengidentifikasi tajwid QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  Mampu mengartikan ayat  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  Mampu menterjemahkan QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10
  Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan   QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan  QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.



Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :

  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.

  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain

  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).

  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).

  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)

  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)



D. Materi Ajar (Materi Pokok)

  Q.S. Al-Mujadalah : 11

  Q.S. Al-Jumuah :  9-10



E.  Metode Pembelajaran:

  Ceramah , tanya jawab dan Praktek



F.  Tujuan Pembelajaran

Siswa diharapkan mampu untuk :

  Mampu membaca QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10 dengan baik dan benar

  Mampu mengidentifikasi tajwid QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.

  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.

  Mampu mengartikan ayat  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.

  Mampu menterjemahkan QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10

  Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan   QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.

  Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.

  Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan  QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10



G.   Strategi Pembelajaran

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Membaca Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
  Mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
  Mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan   Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
  Mengartikan perkata  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah : 9-10.
  Mengartikan per-ayat  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah : 9-10.
  Mendiskusikan terjemah Al-Qur’an surat Al Mujadalah :11 dan Al Jumuah : 9-10
  Siswa membiasakan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10.
  Menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan  Al-Qur’an surat Al Mujadalah: 11 dan Al Jumuah: 9-10



Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.  Kegiatan Awal

-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.

-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán

-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit

-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.



b. Kegiatan Inti

Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

Elaborasi

Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja,

-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:

-      Pernahkah kalian mendengar tentang etos kerja ?

-      Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran giat bekerja dan tidak bermalas-malasan ?

-      Siapakah diantara kalian yang sudah hafal ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran untuk semangat bekerja ?

-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.

-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Al Mujadilah :11, yaitu sebagai berikut.



Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
ƒ

-           Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Al Jumuah : 9-10, yaitu sebagai berikut.



Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.



-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10.



Eksplorasi

-      Selanjutnya siswa membaca arti QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 

-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10 kepada siswa.

-      Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10   berikut artinya dengan benar.

-      Setelah selesai menyalin QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10  berikut artinya, guru menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut.

-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10.

-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam isi QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10  secara berkelompok.

-      Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10  secara berkelompok.

-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.



Konfirmasi

-      Dalam QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, tentang semangat kerja karena Muslim dituntut menjadi kaya, karena perjuangan menegakkan agama Islam masih panjang dan perlu pendanaan yang banyak oleh sebab itu berjuanglah terus untuk menjadi kaya. Kaya karena Allah dan Islam. Dan janganlah menjadi pemalas.



c.  Kegiatan Akhir (Penutup)

-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10 sebagai penutup materi pembelajaran.

-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10.

-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.

-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.



H. Penilaian

  Tes perbuatan (Performance Individu)

  Tes tertulis



I.  Bahan/Sumber Belajar

  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI

  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman