Rabu, 13 Agustus 2014

SILABUS 2013 (XII)




SILABUS
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas                           : XII (dua belas)
Kompetensi Inti          :
 (K1)    : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
 (K2)    : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-
  aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
  alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 (K3)    :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan 
                                      wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang          
                                      kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
 (K4)    :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,  
  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1         Menghayati nilai-nilai keimanan kepada hari akhir
1.2         Menghayati nilai-nilai keimanan kepada qada dan qadar
1.3         Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan
1.4         Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melakukan pembagian harta warisan
2.1         Menunjukkan  perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9) : 119 dan Q.S. Lukman (31): 14 serta hadits terkait
2.2         Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
2.3         Menunjukkan sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.
2.4         Menunjukkan perilaku saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits terkait.
2.5         Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir
2.6         Menunjukkan sikap optimis, berikhtiar dan bertawakal sebagasi cerminan dari kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT.
2.7         Menunjukkan sikap semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman dan perkembangan Islam di dunia
3.1 Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.

4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.

4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan lancar.

1.      Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
·      Menanya
-       Menanyakan cara membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159.
-       Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159, serta hadits terkait.
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan cara membaca  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;
-       Menterjemahkan  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits terkait;
-       Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159  serta hadits terkait.
·      Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits terkait.
·      Mengkomunikasikan:
-       Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok
·      Tugas
-       Menghafal Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits terkait dengan cara mengisi lis  (lembar tugas hafalan).
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
§  sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
·      Portofolio
-       Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadits terkait;
-       Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159;
-       Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta hadis terkait.
·      Tes tulis
-       Menyalin Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-       Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159  serta hadis terkait.
·      Tes lisan
Membaca dan menghafal Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3) : 159  serta hadits terkait
4x3
Jam pelajaran
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Al-Quran dan Al-Hadits
·   Buku tajwid
·   Kitab tafsir Al-Qur’an
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3.2 Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).

4.2.1 Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.

4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 denagn lancar.

2.      Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83.
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait.
·      Menanya
-       Menanyakan cara membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 .
-       Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits terkait.
·      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan cara membaca  Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;
-       Menterjemahkan  Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait;
-       Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait.
·      Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83  serta hadits terkait.
·      Mengkomunikasikan:
-       Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok
·      Tugas
-       Menghafal Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait dengan cara mengisi lis  (lembar tugas hafalan).
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
§  sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
·      Portofolio
-       Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan  Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadits terkait;
-       Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada  Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83;
-       Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83  serta hadis terkait.
·      Tes tulis
-       Menyalin Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-       Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta hadis terkait.
·      Tes lisan
-       Membaca dan menghafal  Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83  serta hadits terkait
4x3
Jam pelajaran
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Al-Quran dan Al-Hadits
·   Buku tajwid
·   Kitab tafsir Al-Qur’an
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3.3 Memahami makna iman kepada hari akhir.

4.3 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir.

3.      Beriman kepada hari akhir
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-qur’an yang terkait dengan iman kepada hari akhir secara individu maupun kelompok.
-       Mengamati tayangan video tentang ilustrasi peristiwa kiamat (Hari Akhir)
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang makna Hari Akhir, peristiwa terjadinya kiamat, bagaimana menusia mempertanggung jawabkan perbuatannya, dan balasan bagi orang-orang atas amal perbuatannya.
·      Eksperimen/Eksplore
-       Diskusi tentang prosesnya terjadinya kiamat dalam persfektif al-Qur’an,
-       Diskusi tentang bagaimana menusia mempertanggung jawabkan perbuatannya di hari akhirat, dan balasan bagi orang-orang atas amal perbuatannya.
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan makna Hari Akhir dan bagaimana terjadinya peristiwa kiamat,
-       Menyimpulkan bagaimana menusia mempertanggung jawabkan perbuatannya, dan balasan bagi orang-orang atas amal perbuatannya.
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang tentang makna Hari Akhir, peristiwa terjadinya kiamat, bagaimana menusia mempertanggung jawabkan perbuatannya, dan balasan bagi orang-orang atas amal perbuatannya.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·      Tugas
-       Mencari ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang iman kepada hari Akhir berdasarkan tuntunan guru
-       Mengumpulkangambar-gambar tentang tsunami dan musibah alam
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (gambaran tentang peristiwa kiamat dan pertanggung jawaban manusia di akhirat)
-       Sikap gairah dalam beribadah yang ditunjukkan siswa sebagai implementasi dari iman kepada hari Akhir)
·      Portofolio
-       Membuatlaporantentangmakna hari Akhir, peristiwa terjadinya kiamat, dan pertanggung bjawaban manusia di akhirat
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal- soal pilihan ganda dan uraian tentang beriman kepada hari akhir.
3x3
Jam pelajaran
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3.4 Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar
4.4 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Qadha dan Qadar Allah SWT.

4.      Iman kepada Qadha dan Qadar
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-qur’an yang terkait dengan iman kepada Qadha dan Qadar secara individu maupun kelompok.
-       Mengamati tayangan video tentang iman kepada Qadha dan Qadar
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang makna iman kepada Qadha dan Qadar.
·      Eksperimen/Eksplore
-       Diskusi tentang iman kepada Qadha dan Qadar dalam persfektif al-Qur’an,
-       Diskusi tentang iman kepada Qadha dan Qadar
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan makna iman kepada Qadha dan Qadar
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang tentang makna iman kepada Qadha dan Qadar
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·      Tugas
-       Mencari ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang iman kepada Qadha dan Qadar
-       Mengumpulkangambar-gambar tentang iman kepada Qadha dan Qadar
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (gambaran tentang iman kepada Qadha dan  Qadar)
-       Sikap gairah dalam beribadah yang ditunjukkan siswa sebagai implementasi dari iman kepada Qadha dan Qadar
·      Portofolio
-       Membuat  laporan  tentang makna iman kepada Qadha dan Qadar
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal- soal pilihan ganda dan uraian tentang iman kepada Qadha dan Qadar

3x3
Jam pelajaran
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3.5 Memahami hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
4.5 Menyajikan hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan


5.      Saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan.
·      Mengamati tayangan video tentang  hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan
·      Menanya
-       Mengajukan  pertanyaan  tentang bagaimana kedudukan wanita dalam keluarga?
·      Eksperimen/eksplor
-       Menelaah hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan Assosiasi
-       Menyimpulkan hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan ).
·      Menyimpulkan hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·      Tugas
-       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan)
-       Sikap senang terhadap perilaku saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) yang ditunjukkan siswa.
·      Portofolio
-       Membuat laporan  tentang hikmah dan manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang hikmah dan  manfaat saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
3x3
Jam pelajaran
·     Al-qur’an dan tarjamah
·     Buku teks PAI
·     VCD tentang pernikahan secara Islami
·      
Literatur lain yang relevan
3.6 Memahami ketentuan pernikahan dalam Islam.
4.6 Memperagakan tata cara pernikahan dalam Islam.

6.      Pernikahan dalam Islam


·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan pernikahan dalam Islam secara individu maupun kelompok.
-       Mengamati tayangan video pernikahan dalam Islam. atau mengamati langsung  proses pernikahan.
·      Menanya
-       Mengajukan  pertanyaan  tentang pernikahan dalam Islam, misalnya; apa syarat dan rukun nikah, apa hikmah pernikahan dalam Islam, dan bagaimana kedudukan wanita dalam keluarga
·      Eksperimen/eksplor
-       Menelaah ketentuan pernikahan dalam Islam (syarat dan rukun nikah)
-       Diskusi tentang hikmah pernikan dalam Islam
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan ketentuan pernikahan dalam Islam  (syarat dan  rukun nikah)
-       Menyimpulkan hikmah pernikhaan dalam Islam
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan pernikahan dalam Islam.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-       Mengadakan simulasi prosesi penikahan.
·      Tugas
-       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang pernikahan dalam Islam
-       Melakukan obeservasi langsung terhadap pelaksanaan pernikahan di KUA atau masyarakat.
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (ketentuan pernikahan, hikamh pernikahan, dan kedudukan wanita dalam keluarga)
-       Sikap senang terhadap pelaksanaan pernikahan secara islamiyang ditunjukkan siswa)
·      Portofolio
-       Membuatlaporantentangpelaksanaan pernikahan dalam Islam (syarat dan rukun, hakmah penikahan, kedudukan wanita dalam keluarga)
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang ketentuan pernikahan dalam Islam.
4x3
Jam pelajaran
·     Al-qur’an dan tarjamah
·     Buku teks PAI
·     VCD tentang pernikahan secara Islami
·      
Literatur lain yang relevan
3.7 Memhami hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.

4.7 Menyajikan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.


7.      Hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
-       Mengamati tayangan video tentang hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
·      Menanya
-       Mengajukan  pertanyaan  tentang apa dan bagaimana hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
·      Eksperimen/eksplor
-       Menelaah ketentuan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-       Mengadakan simulasi prosesi penikahan.
·      Tugas
-       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam)
·      Portofolio
-       Membuatlaporantentangpelaksanaan pernikahan dalam Islam (syarat dan rukun, hakmah penikahan, kedudukan wanita dalam keluarga)
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam..
3x3
Jam pelajaran
·     Al-qur’an dan tarjamah
·     Buku teks PAI
·     VCD tentang pernikahan secara Islami
·      
Literatur lain yang relevan
3.8 Memahami ketentuan waris dalam Islam.

4.8 Mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
8.      Ketentuan waris dalam Islam.
·      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan ketentuan waris dalam Islam.
-       Mengamati tayangan video tentang ketentuan waris dalam Islam..
·      Menanya
-       Mengajukan  pertanyaan  tentang ketentuan waris dalam Islam.
·      Eksperimen/eksplor
-       Menelaah ketentuan waris dalam Islam..
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan ketentuan waris dalam Islam.
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan waris dalam Islam.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-       Mengadakan simulasi prosesi penikahan.
·      Tugas
-       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang ketentuan waris dalam Islam..
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (ketentuan waris dalam Islam.)
·      Portofolio
-       Membuat laporan tentang ketentuan waris dalam Islam.
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang ketentuan waris dalam Islam.
4x3
Jam pelajaran
·     Al-qur’an dan tarjamah
·     Buku teks PAI
·     VCD tentang pernikahan secara Islami
·      
Literatur lain yang relevan
3.9 Memahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
4.9 Mendeskripsikan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
9.      Strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
·      Mengamati
-       Mengamati tayangan video tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
-       Membaca artikel tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
·      Menanya
-       Mengajukan  pertanyaan  berkaitan dengan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia?
·      Eksperimen/Eksplor
-       Diskusi tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
-       Menelaah faktor-faktor yang memepengaruhi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·      Tugas
-       Mengumpulkan artikel dan tulisan tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
-       Mengumpulkanvisualisasi tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia .
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia)
-       Sikap semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai refleksi dari pemahaman strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
·      Portofolio
-       Membuat laporan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal- soal pilihan ganda dan uraian  tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
4 x 3
Jam Pelajaran
·   Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

3.10 Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.
4.10 Mendeskripsikan faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.

10.  Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia
·      Mengamati
-       Mengamati tayangan video tentang perkembangan Islam di dunia
-       Membaca artikel tentang kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan perkembangan Islam di dunia, seperti faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban Islam?
·      Eksperimen/Eksplor
-       Diskusi tentang perkembangan peradaban Islam di dunia
-       Menelaah faktor-faktor yang memepengaruhi kemajuan peradaban Islam di dunia
-       Menelaah faktor-faktor yang memepengaruhi kemunduran peradaban Islam di dunia
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan perkembangan peradaban Islam di dunia
-       Menyimpulkan faktor-faktor yang memepengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.

·      Tugas
-       Mengumpulkan artikel dan  tulisan tentang perkembangan Islam di dunia
-       Mengumpulkan visualisasi tentang perkembangan Islam di dunia
·      Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan  lembar observasi yang memuat:
-       isi diskusi (perkembangan Islam di dunia, faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban Islam)
-       sikap semangatmelakukanpenelitian di bidangilmupengetahuansebagairefleksi daripemahamankemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.
·      Portofolio
-       Membuatlaporanperkembangan Islam di dunia dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.
·      Tes
-       Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal soal pilihan ganda dan  uraian kemajuan dan kemunduran Islam di dunia.
4 x 3
Jam Pelajaran
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman