Kamis, 14 Agustus 2014

PRILAKU TERPUJI (PAI)




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         :  SMK JOSUA
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : X/1
Waktu                        : 2 x 45 menit
Aspek                        : Akhlak


A.  Standar Kompetensi
4.         Membiasakan perilaku terpuji.

B.  Kompetensi Dasar
4.1       Menyebutkan pengertian perilaku  husnuzhan.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah.
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
Husnuzhan :
- Pengertian Perilaku Husnuzhan

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek



F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah.
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Bertanya jawab tentang pengertian perilaku husnu zhan.
  Bertanya jawab tentangprilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.
  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
  Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
  Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
  Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia
                                                                                                                                                                                

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian Perilaku Husnuzhan
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang perilaku husnuzhan?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti perilaku husnuzhan?
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang perilaku husnuzhan baik terhadap Allah maupun terhadap diri sendiri.
Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan perilaku husnuzhan dari  sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti perilaku husnuzhan  kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan perilaku husnuzhan.
Konfirmasi
-      Perilaku husnuzhan  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti selalu berfikir positif terhadap takdir Allah dan tidak berprasangka terhadap nikmat-Nya . Jika direnungkan, betapa Indah dan mulianya bersikap positif tanpa prasangka .
c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis
I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen AgamaRI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I
J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Apakah yang dimaksud dengan Husnuzhan itu.............
Berfikir dan bersikap yang baik. (Positif Thinking)
2.
Segala musibah yang terjadi di Negeri ini merupakan azab karena kesalahan kolektif dari pemimpin dan rakyat yang tidak menghendaki adanya syariat,dengan tanpa menyalahkan Allah. Merupakan cerminan dari……

Husnuzhan  terhadap Allah.
3.
Nanang berghorim kepada Udin sebesar Rp. 50.000 dan belum juga terlunasi. Sikap Udin membiarkan karena ia berpendapat bahwa Nanang sedang tidak ada uang dan mungkin tertimpa kesulitan.

Husnuzhan  terhadap sesama manusia.

JAKARTA 15/8/2014



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman