Kamis, 21 Agustus 2014

PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA (PAI)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
Sekolah: SMK JOSUA
Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam
Kelas / Program: III / Semua Program StudiSemester/ Tapel : 5 /2011 – 2012
Alokasi Waktu:4 jam pelajaran ( 2 X pertemuan )
I.Standar Kompetensi
Memahami perkembangan Islam di Indonesia.
II.Kompetensi Dasar
Menjelaskan perkembangan, menampilkan contoh perkembangan, danmengambil hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
III.Pendidikan Karakter Budaya Bangsa
Cinta tanah air, menumbuhkan sikap dan cara berfikir yang menunjukkankesetiaan, epedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa,lingkungan,sosial, budaya, ekonomi serta cinta tanah air, menempatkankepentingan bangsa diatas kepentingan sendiriIV.
Indikator
A.Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia.B.Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.C.Mampu mengidentifikasi perkembangan Islam di Indonesia.D.Mampu menunjukkan ciri - ciri perkembangan Islam di Indonesia.E.Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di Indonesia.F.Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
V.Pendidikan Karakter Budaya Bangsa
Cinta tanah air, menumbuhkan sikap dan cara berfikir yang menunjukkankesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa,lingkungan, sosial, budaya, ekonomi serta cinta tanah air, menempatkankepentingan bangsa diatas kepentingan sendiriVI.
Tujuan Pembelajaran:
A.Siswa mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam diIndonesia.B.Siswa mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.C.Siswa mampu mengidentifikasi perkembangan Islam di Indonesia.D.Siswa mampu menunjukkan ciri-ciri perkembangan Islam di Indonesia
E.Siswa mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam diIndonesia.F.Siswa mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.VII.
Materi Pembelajaran:
A.Perkembangan Islam di Indonesia
1.Islam di Sumatra2.Islam di Jawa3.Islam di Maluku dan Irian4.Islam di Nusa TenggaraCiri perkembangan Islam di Indonesia bersifat natural,kultural,persuasif, dan genetis.
B.Hikmah perkembangan Islam di Indonesia1.Memberikan dorongan positif dalam menegakkan kebenaran2.Menumbuhkan sikap percaya diri dalam menyampaikan kebenaran3.Membangun dan menanamkan sikap konstruktif dan dinamis4.Menumbuhkan sikap tenggang dan bijaksanaVIII.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A.Pertemuan I
NOKegiatan PembelajaranWaktuMetode
1.Pendahuluana.Guru mengelola kelas agar muncul perhatian b.Guru mengadakan apersepsi terhadap materi yang telahdiberikan minggu laluc.Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai10 MenitCeramah2.Kegiatan IntiEksplorasi:
a.Guru menjelaskan Sejarah Perkembangan Islam diIndonesia b.Guru menjelaskan hikmah perkembangan Islam diIndonesiac.Peserta didik mendengarkan dan menanyakan hal-halyang belum jelas.d.Guru membagi kelas menjadi 3 Kelompok.Elaborasi :a.Peserta didik bergabung sesuai dengan kelompoknya.
 b.Guru mempersiapkan kajian untuk diskusi sesuaidengan tujuan
c.Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusidari materi tersebut dicatat
d.Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasilDiskusinya. Melalui hasil diskusi siswa, guru mulaimenjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapaiKonfirmasi :Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi70 MenitPresentasiDiskusi3.a.Penutup b.Post tesc.Salam.
B.Pertemuan 2NOKegiatan PembelajaranWaktuMetode
1.Pendahuluana
.Guru mengelola kelas agar muncul perhatian b.Guru mengadakan apersepsic.Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai10 MenitCeramah2.Kegiatan IntiElaborasi:a.Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok Masing-masing kelompok di beri tugas mencari literatur sejarah perkembangan Islam di Perpustakaan b.Guru mengamati eksplorasi peserta didik 
c.Guru memberi tugas membuat kesimpulan
d. perkelompok tentang perkembangan Islam IndonesiaKonfirmasi :Guru dan Peserta didik menyusun kesimpulan60 MenitPenugasan3.a.Penutup b.Beberapa kelompok peserta didik diminta menjelaskanhasil kesimpulan yang telah disusunc.Guru mengklarifikasi beberapa masalah yang dihadapi peserta didik.d.Guru memotivasi peserta didik agar belajar dari perjuanganmubaligh terdahulue.Doa penutup dan salam20 MenitTanya jawabCeramahAlokasi90
SumberBelajar:
1. Al Qur-an dan terjemah syamil2. Buku PAI Kelas III3. Buku-buku yang relevan4.Literatur perpustakaan5.InternetX.
Penilaian:
 1. Pesatnya perkembangan Islam di Jawa tidak terlepas dari proses dakwah yangdilakukan oleh para muballigh yang jumlahnya sembilan wali yang kemudiandikenal dengan sebutan ….a.sembilan walic. wali sangae.sunan bonang b.sunan sangad. wali sembilan
2.Wali tertua diantara sembilan wali yang hidup di wilayah Gresik Jawa Timur adalah ….a.Maulana Malik Ibrahimc.Raden Rahmate. Ja'far Shadiq b.Raden Mas Syahidd.Syarif Hidayatullah
3.Salah seorang wali yang juga seorang sastrawan dengan hasil karyanya yang berjudul
Maskumambang  dan Mijil adalah …..a.Sunan Kalijagac.Sunan Kuduse. Sunan Giri b. Sunan Muriad.Sunan Gunungjati
4.Awal mula pecahnya perang Paderi di Padang Sumatera Barat adalah …. a. Turut campur nya Belanda pada perang tersebut b. Kaum adapt yang menolak pelaksanaan ajaran Islamc. Ajaran Islam yang dikotori oleh kebiasaan adaptd. Timbulnya gerakan mempertahankan kemurnian Agama Islame. Belanda merampas hak beragama bahi orang Bonjol
5.Organisasi Islam yang berdiri tahun 1912 yang banyak bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan adalah ….a.Syarikat Dagang Islam/ SDIc. Nahdlatul Ulama / NUe.PERSIS b.Syarikat Islam/ SId. Muhammadiyah
Mengetahui Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran

(..........................................)                                                     (................................)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman