Jumat, 15 Agustus 2014

DA'WAH RASULULLAH SAW (PAI)





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         :  SMK JOSUA
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : X/1
Waktu                        :  2 x 45 menit
Aspek                        :  Tarikh dan Kebudayaan Islam

A.  Standar Kompetensi
6.         Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.

B.  Kompetensi Dasar
6.1       Menceritakan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu menceritakan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah.
  Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.

Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
Keteladanan Rasulullah SAW :
  Dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekkah.
  Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek



F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu menceritakan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah.
  Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
  Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
  Presentasi hasil diskusi kelompok tentang substansi dan strategi dakwah  Rasulullah periode Makkah.
  Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Makkah
  Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Makkah

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
         Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi     keteladanan Rasulullah SAW.
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang Keteladanan Rasulullah SAW?
·         Pernahkah kalian membaca tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang Keteladanan Rasulullah SAW?
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang Keteladanan Rasulullah SAW.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan kisah tentang Keteladanan Rasulullah SAW dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang apakah yang harus diteladani dari Rasulullah SAW kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan tentang kisah Keteladanan Rasulullah SAW, dengan ringkasan sebagai berikut :

Sejarah di Mekah
·         Berdakwah secara terang-terangan
­       Perintah berdakwah secara terang-terangan
­       Kekhawatiran Nabi saw. terhadap kaumnya
­       Dakwah Nabi saw. kepada kaum kerabatnya
­       Masyarakat Mekah berpaling dari Nabi saw.
­       Allah memantapkan (hati) RasulNya
­       Pembuktian kerasulan Nabi saw.
·         Penghinaan kaum Quraisy
­       Pendustaan Quraisy terhadap Nabi saw
­       Cobaan kaum muslimin dari kaum Quraisy
­       Orang musyrik mengejekan kaum muslimin
­       Kaum Quraisy meminta mukjizat
­       Kaum Quraisy bersekutu untuk kufur
­       Abu Jahal menyakiti Nabi saw.
§  Permusuhan Abu Jahal:
­       Permusuhan Abu Lahab
­       Penyiksaan terhadap orang mukmin yang lemahOrang-orang musyrik mendustai Al Quran
­       Orang-orang musyrik menuduh Nabi saw. menutup-nutupi wahyu
­       Orang-orang musyrik menuduh Nabi saw. mengetahui hal ghaib
­       Kaum Quraisy menuduh kaum Yahudi mengajari Nabi saw.
­       Nabi saw. dituduh sebagai penyihir
­       Nabi saw. dituduh sebagai orang gila
­       Nabi saw. dituduh sebagai pembohong
­       Nabi saw. dituduh sebagai penyair
·         Peristiwa Isra' dan Mi'raj
­       Malaikat naik ke langit bersama Nabi saw
­       Dada Nabi saw. dibelah dan dikeluarkan hatinya
­       Nabi saw. melihat Jibril as. dalam bentuk aslinya,
­       Nabi saw. melihat surga
­       Kaum Quraisy mendustai peristiwa isra' dan mi'raj
·         Perjanjian Aqabah kedua
­       Janji setia untuk beriman dan meninggalkan syirik
­       Janji setia kaum wanita pada malam 'Aqabah
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah keteladanan Rasulullah SAW.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang keteladanan Rasulullah SAW secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Rasullullah SAW adalah suri tauladan utama yang mengajarkan umat tentang akhlakul karimah kepada umat. Oleh sebab itu dengan akhlakul karimah kita menjadi rahmatan lilngalamin.


c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam keteladanan Rasulullah SAW  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam keteladanan Rasulullah SAW.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen AgamaRI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Quran).Siapakah yang dimaksud kamu dalam ayat tersebut….

Nabi Muhammad SAW

2.
Sebutkanlah macam-macam sumber hukum Islam……

Al-Qur’an, Al-Hadist, Ijma dan Qiyas
3.
Sebutkan contoh-contoh keteladanan Rasullullah dalam periode Makkah
Contoh dalam syariat : tidak ada lagi beban-beban yang berat yang dipikulkan kepada Bani Israil. Umpamanya: mensyari'atkan membunuh diri untuk sahnya taubat, mewajibkan kisas pada pembunuhan baik yang disengaja atau tidak tanpa membolehkan membayar diat, memotong anggota badan yang melakukan kesalahan, membuang atau menggunting kain yang kena najis


II. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Rasullullah SAW, memiliki strategi dalam berdakwah




2.
Dakwah yang dilakukan Rasullullah SAW di Mekkah menggunakan cara-cara yang baik.




3.
Akhlakul-Karimah adalah strategi dakwah Rasullullah SAW.




dst
……………………………………………….




Keterangan :                              Skor Tes Sikap:
SS            = Sangat Setuju                               = 50
S              = Setuju                                             = 40
TS            = Tidak Setuju                                  = 10
STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0

                                                                                   
Mengetahui                                                                 
Kepala Sekolah



Jakarta, 
Guru Bidang Studi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman