Jumat, 17 Januari 2014

UMAT YANG TERBAIK



 BERSAMA RASULULLAH SAW


  1. Sebaik-baik ummatku adalah mereka bersaksi tidak ada tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya aku adalah utusan Allah, bilamana mereka berbuat kebajikan mareka bergembira, dan jika mereka berbuat kesalahan mereka memohon ampun…( dari ‘Urwah bin  ruwaim.HR Abu Nu’aim)
  2. Sebaik-baik anak cucu Adam as ada lima: Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Muhammad saw, dan yang paling baik diantara mereka adalah Nabi Muhammad saw. (dari Sa’id;HR Ibnu Majah)
  3. Sebaik-baik diantara kamu adalah yang paling baik akhlaknya.(dari ibnu ‘amr;HR Ahmad,Bukhari, Muslim dan Tirmidzi)
  4. Sebaik-baik kamu adalah yang paling bagus melunasi hutang. (dari Abu Hurairah;HR Tirmidzi, dan Nasai)
  5. Sebaik-baik kamu adalah yang paling baik terhadap keluarganya. (dari Abi Kabsyah;HR Thabrani)
  6. Sebaik-baik kamu adalah yang paling baik terhadap istrinya.(dariibnu ‘Amr;HR Ibnu Majah)
  7. Sebaik-baik sahabat disisi Allah adalah mereka yang baik terhadap sahabatnya, dan sebaik-baik tetangga disisi Allah adalah mereka yang paling baik terhadap tetangganya. (dari Ibnu Amr;HR Ahmad,Tirmidzi dan Hakim)
  8. Sebaik-baik amal adalah salat pada awal waktunya.(dari Ibnu Umar; HR Hakim)
  9. Sebaik-baik do’a adalah istighfar. (dari Ali; HR Hakim)
  10. Sebaik-baik zikir adalah zikir khafi(tersembunyi) dan sebaik-baik rezki adalah sesuatu yang mencukupi. (dari Sa’id; HR Ahmad, Ibnu Hibban dan Baihaqi)
  11. Sebaik-baik ibadah adalah ibadah yang paling ringan.(dari Ustman)
  12. Sebaik-baik kalam ada empat tidak mengapa dari mana memulainya yaitu tasbih, tahmid,tahlil dan takbir.(dari Abu Hurairah; HR Dailami)
  13. Sebaik-baik muslim adalah orang lainyang selamat dari mulut dan tangannya.(dari Ibnu Amr;HR Muslim)
  14. Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling bagus bacaannya, yang paling faham tentang agama Allah, yang paling taqwa kepada-Nya, yang paling menyeruh kebajikan, yang paling mencegah kemunkaran, dan yang paling menyembung kerabat-dekat.(dari Durrah binti Abu Lahab;HR Ahmad dan Thabroni)
  15. Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan baik amalnya. (dari Abdullah bin Yasr;HR Ahmad dan Tirmidzi)
  16. Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bagus akhlaknya.(dari Ibnu Umar;HR Thabrani)
  17. Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling (tepat)membayar hutang(.Iryadh bin Sariyah;HR Ibnu Majah)
  18. Sebaik-baik manusia adalah seorang mukmin fakir yang memberi(bersedekah) dengan tenaganya.(dari Ibnu Umar;HR Dailami)
  19. Sebai-baik manusia adalah mereka yang paling berguna kepada orang lain.(dari Jabir;HR AL-Qadhai)
  20. Sebaik-baik wanita adalah mereka yang menyenangkan kamu bila dipandang, patuh jika kamu perintah, dan menjaga dirinya ketika kamu tidak ada dan mengawasi harta kamu. (dariAbdullah bin Salam;HR Thabrani)
  21. Sebaik-baik pintu kebajikan adalah bersedekah.(dariIbnu Abbas;HR Daruqudni)
  22. Sebaik-baik ummatku sesudahku adalah Abu Bakar dan Umar.(dari Ali dan Zubair;HR Ibnu Asakir)
  23. Sebaik-baik ummatku adalah mereka yang bilama berbuar kesalahan mereka memohon ampun dan jika mereka berbuat baik mereka bergembira, jika mereka bepergian mereka mengqashar (salat) dan berbuka(tidak berpuasa).(dari Jabir;HR Thabrani)
  24. Sebaik-baik rumah bagi muslim adalah rumah yang di dalamnya anak yatim yang diperlakukan dengan baik, sedangkan sejelek-jelek rumah muslim yang di dalamnya ada anak yatim yang disakiti, saya (Rasulullah saw) dan orang yang memperhatikan anak yatim berada di surga seperti ini(dua jari yang berdekatan).(dari Abi Hurairah; HR Bukhari, Ibnu Majah dan Abu Nu’aim)
  25. Sebai-baik rumah kamu adalah rumah yang didalamnya ada anak yuatim yang dimuliakan. (dari Umar; HR Uqaili dan Abi Nu’aim)
  26. Sebaik-baik pakianmu adalah baju putih: pakaikanlah buat yang hidup dan kafanilah dengannya(putih) bagi yang meninggal.(dari Anas; HR Daruqudni)
  27. Sebaik-baik perangi orang yang berpuasa adalah bersiwak(gosok gigi).(dari Aisyah; HR Baihaqi)
  28. Sebaik-baik shaf shalat orang lelaki berada di awal, sejelek-jelek  berada di akhir, sebaik-baik shaf orang perempuan berada di akhir dan sejelek-jelek shaf perempuan di awal. (dari Abu Hurairah;HR Thabrani)
  29. Sebaik-baik shalatnya orang perempuan berada didalam rumahnya.(dari Ummi Salmah;HR Thabrani)
  30. Sebaik-baik kamu berobat adalah dengan berbekam.(dari Samarah;HR Ahmad,Thabrani dan Hakim)
  31. Sebaik-baik perempuan semesta alam ada empat; Maryam binti Imran, Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad dan Asiyah istri Fir’aun.(dari  Ali;HR Ahmad dan Thabrani)
  32. Sebaik-baik hari tatkala matahari terbit adalah hari jum’at, dihari tersebut Adam diciptakan dan dimasukkan surga, juga dia dikeluarkan dari surga, dan hari kiyamat tidak akan terjadi kecuali hari jum’at. (dari Abu Hurairah;HR Ahmad, Muslim dan Tirmidzi)
  33. Sebaik-baik istri diantara kalian adalah istri yang menjaga kesucian diri lagi yang semangat muda, memelihara kehormatannya dan yang mesra kepada suaminya. (dari Anas; HR Dailami)
  34. Sebaik-baik kalian adalah kalian yang paling baik terhadap keluarganya, saya(Rasulullah saw) orang yang paling baik terhadap keluargaku, tidak ada yang memuliakan perempuan kecuali orang lelaki yang mulia, dan tidak pula perempuan dihina melainkan orang lelaki yang jelek tabiatnya. (dari Ali; HR Ibnu Asakir)
  35. Sebaik-baik kalian adalah orang yang memberi makan, menjawab salam.(dari Shahaib;HR Abu Dawud dan Nasai)
  36. Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.(dari Ali;HR Bukhari dan Tirmidzi;dari Ustman;HR Ahmad, Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)
  37. Sebaik-baik kalian adalah orang yang tidak meninggalkan akhirat untuk dunianya, dan orang yang tidak mengabaikan dunia untuk akhiratnya dan ia tidak menjadi beban orang lain. (dariAnas;HR Khathib)
  38. Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling zuhud di dunia dan orang yang paling menginginkan akhirat.(dari Hasan; HR Baihaqi)
  39. Sebaik-baik keislaman kalian adalah orang yang paling bagus akhlaknya.(dariAbu Hurairah;HR Bukhari)
  40. Amalan yang paling utama adalah shalat pada waktunya dan berbuat baik kepada kedua orang tua. (dari Ibnu Mas’ud;HR Muslim)
  41. Amalan yang paling utama adalah shalat di awal waktunya. (dari Ummu Faruh;HR Dawud,Tirmidzi dan Hakim)
  42. Amalan yang paling utama sesudah beriman kepada Allah adalah menyayangi orang lain.(dariAbu Hurairah;HR Thabrani)
  43. Amalan yang paling utama adalah cinta karena Allah dan benci karena Allah.(dari Abu Dzar;HR Dawud)
  44. Hari yang paling utama adalah hari jum’at.(dari Abu Hurairah;HR Baihaqi)
  45. Iman yang paling utama adalah kesabaran dan dermawan.(dari Ma’qal bin Yasar;HR Dailami)
  46. Jihad yang paling utama adalah menyampaikan kalimat haq kepada penguasa yang aniaya.(dari Abu Sa’id;HR Ahmad,Ibnu Majah,Thabrani dan Baihaqi)
  47. Do’a yang paling utama adalah do’anya seseorang untuk dirinya.(dari Aisyah;HR Ibnu Majah)
  48. Do’a yang paling utama adalah engkau meminta kepada Tuhanmu ampunan dan kesehatan dunia-akhirat,jika kamu diberikan keduanya (ampunan dan kesehatan) di dunia kemudian diberikannya di akhirat juga maka kamu tergolong orang yang bahagia.(dari Anas;HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)
  49. Dzikir yang paling utama adalah La ilaha illallah (tidak ada tuhan melainkan Allah) dan do’a yang paling utama adalah al-Hamdulillah(al-Fatihah).(dari Jabir;HR Tirmidzi,Nasai, Ibnu Majah,Ibnu Hibban dan Hakim)
  50. Sedekah yang paling utama adalah memberi minum.(dari Ibnu Abbas;HR Abu Ya’li)
  51. Sedekah yang paling utama adalah seorang muslim yang menuntut ilmu lalu mengajarkannya kepada saudaranya muslim.(dari Abi Hurairah;HR Ibnu Majah)
  52. Sedekah yang paling utama adalah bersedekah kepada kerabat yang bermusuhan dalam hati.(dariAbu Aiyub;HR Ahmad dan Thabrani)
  53. Sedekah yang paling utama adalah engkau memberi makan(mengenyangkan) orang yang lapar(perut yang lapar).(dari Anas;HR Baihaqi)
  54. Shalat yang paling utama disisi Allah adalah shalat subuh ddi hari jum’at dengan berjama’ah.(dari IbnuUmar;HR Abu Na’im dan Baihaqi)
  55. Shalat yang paling utama sesudah shalat wajib adalah shalat dipenghujung malam dan puasa yang paling utama sesudah ramadhan adalah (puasa) di bulannya Allah yaitu bulan Muharram.(dari Abu Hurairah;HR Muslim dan Abu Dawud dan Nasai)
  56. Shalat yang paling utama adalah (shalat) yang disertai qunut panjang(berdiri lama).(dari Jabir;HR Ahmad,Muslim,Tirmidzi danIbnu Majah)
  57. Shalat yang paling utama adalah shalatnya (sunnah) seseorang di rumah ,kecuali shalat lima waktu.(dari Zaid bin Stabit;HR Nasai dan Thabrani)
  58. Puasa yang paling utama adalah puasanya saudaraku Nabi Dawud as, sehari puasa dan sehari tidak berpuasa, dan ia tidak lari(dalam kadaan puasa) jika bertemu musuh.(dari Ibnu Amr;HR Tirmidzi dan Nasai)
  59. Ibadah yang paling utama derajatnya disisi Allah di hari kiamat adalah orang-orang yang berdzikir kepada Allah dengan dzikir sebanyak-banyaknya.(dari Abu Sa’id;HR Ahmad dan Tirmidzi)
  60. Ibadah yang paling utama adalah berdo’a.(dari Ibnu Abbas;HR Hakim)
  61. Bacaan al-Qur’an yang paling utama adalah al-Hamdulillahi rabbil alamin(al-Fatihah).(dari Anas;HR Hakim dan Baihaqi)
  62. Usaha atau bekerja yang paling utama adalah jual-beli yang baik dan pekerjaan seseorang dari tangannya(kerja keras).(dari Abu Bardah bin Nayar;HR Ahmad dan Thabrani)
  63. Kalam(ungkapan) yang paling utama adalah tasbih,tahmid,tahlil dan takbir.(dari seseorang;HR Ahmad)
  64. Orang-orang yang beriman yang paling utama adalah mereka yang paling bagus akhlaknya.(dari Ibnu Umar;HR Ibnu Majah dan Hakim)
  65. Manusiayang paling utama adalah orang yang beriman yang berjihad di jalan Allah dengan dirinya dan hartanya, kemudian mukmin yang tergolong bertaqwa kepada Allah,mencegah kejahatan manusia.(dari Abu Sa’id;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah)
  66. Wanita penghunisurga yang paling utama adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad saw, Maryam binti Imran dan Asiyah binti Muzahim istri Fir’aun.(dari Ibnu Abbas;HR Ahmad,Thabrani dan Hakim) 
  67. Baramgsiapa menyakiti orang-orang Islam di jalan mereka (buang hajat) maka wajib mendapat laknat.(dari Hudzaifah; HR Thabrani)
  68. Barangsiapa menyakiti saidina Ali karamallah wajhah maka sesungguhnya dia menyakti aku(Rasulullah saw).(dari Amr bin Syas;HR Ahmad,Bukhari dan Hakim)
  69. Barangsiapa menyakiti sya’aratan(bagian kecil) dariku maka sungguh ia menyakitiku dan barangsiapa menyakitiku maka dia telah menyakiti Allah swt.(dari Ali;HR Asakir)
  70. Barangsiapa menyikiti seorang muslim maka sungguh ia menyakitiku dan barangsiapa menyakitiku sama dengan menyakiti Allah swt.(dari Anas;HR Thabrani)
  71. Barangsiapa memberi tempat satu anak yatim atau dua lalu sabar dan ia mengharap(pahala) maka saya dan dia berada di surga seperti dua jari ini.(dari Ibnu Abbas;HR Thabrani)
  72. Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak ini(meninggal) lalu ia berbuat baik kepada mereka maka mereka menjadi penghalang baginya dari neraka.(dari Aisyah;HR Ahmad,Bukhari,Muslim dan Nasai).BERSAMBUNG...BY ABI ANWAR(2O11)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman