Senin, 02 Desember 2013

MANUSIA melihat jin ?



        JIN DAPAT MELIHAT MANUSIA


إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ

Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (QS. Al A’raf: 27).

Muqaddimah



"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari tanah liat kering (yg berasal) dari lumpur hitam yg diberi bentuk. Dan Kami (Allah) telah menciptakan jin, sebelum itu, dari api yg sangat panas." (QS. Al-hijr : 26). 



"Dan sesungguhnya di antara kami terdapat jin-jin yang taat. Barang siapa yg taat, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus. Adapun jin-jin yg menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi kayu bakar bagi neraka Jahannam." (QS. al-Jinn : 14-15). 



Jin juga dikenai kewajiban untuk taat kepada Allah swt, seperti dalam firman-Nya : "Wahai golongan jin dan manusia, apakah belum datang kepada kalian rasul-rasul dari golongan kalian sendiri, yg menyampaikan kepada kalian ayat-ayat-Ku, dn mengingatkan kalian akan pertemuan hari ini? Mereka berkata,"Kami menjadi saksi atas diri kami sendiri."



Kehidupan dunia telah menipu mereka, dan mereka menjadi saksi atas diri mereka sendiri bahwa mereka adalah orang-orang yg kafir. Yang demikian itu, karena Tuhan-mu tdklah membinasakan negeri-negeri secara aniaya, melainkan penduduknya telah lalai. Dan masing-masing orang akan memperoleh derajat seimbang dengan apa yg dikerjakannya. Dan Tuhan-mu tdk lalai atas apa yg mereka kerjakan." (QS. Al-An'am : 130-132).

Jin Diciptakan dari Api

Jin diciptakan dari api sebagaimana disebutkan dalam tiga dalil berikut ini,

وَالْجَانَّ خَلَقْنَاهُ مِنْ قَبْلُ مِنْ نَارِ السَّمُومِ

Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (QS. Al Hijr: 27).

Begitu pula disebutkan dalam surat Ar Rahman,

وَخَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ

Dan Dia menciptakan jin dari nyala api.” (QS. Ar Rahman: 15).

Dalam hadits yang dikeluarkan oleh Imam Muslim, dari ‘Aisyah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خُلِقَتِ الْمَلاَئِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

Malaikat diciptakan dari cahaya. Jin diciptakan dari nyala api. Adam diciptakan dari apa yang telah ada pada kalian.” (HR. Muslim no. 2996).

Bentuk Fisik Jin

Kita tidaklah bisa memastikan bentuk fisik jin kecuali berdasarkan dalil. Di antara dalil menyebutkan bahwa jin memiliki qolbun (jantung, hati). Sebagaimana disebutkan dalam ayat,

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آَذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا أُولَئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (QS. Al A’raf: 179). Di dalam ayat ini disebutkan pula bahwa jin di samping memiliki hati (jantung), juga memiliki mata dan telinga. Bahkan setan memiliki suara sebagaimana disebutkan dalam ayat,

وَاسْتَفْزِزْ مَنِ اسْتَطَعْتَ مِنْهُمْ بِصَوْتِكَ

Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan suaramu (ajakanmu)” (QS. Al Isra’: 64). Ayat di atas membicarakan tentang setan (iblis).

Bahkan dalam berbagai hadits juga disebutkan bahwa setan memiliki lisan, jin itu makan, minum, dan tertawa, juga disebutkan berbagai sifat lainnya.

Berbagai Sebutan untuk Jin

Ada berbagai macam penyebutan jin dalam bahasa Arab:

  1. Untuk jin murni, maka disebut jinni
  2. Untuk  yang tinggal bersama manusia disebut ‘aamir, bentuk pluralnya adalah ‘ammaar
  3. Jin yang mengganggu anak kecil disebut arwah
  4. Yang jahat dan sering mengganggu adalah syaithon (setan)
  5. Yang lebih jahat lagi adalah maarid
  6. Yang paling jahat dan begitu garang adalah ifriit, bentuk pluralnya adalah ‘afaarit.

Disebutkan dalam hadits riwayat Ath Thobroni dan Al Hakim dengan sanad shahih, jin itu ada tiga kelompok:

  1. Jin yang terbang di udara
  2. Jin yang berbentuk ular dan anjing
  3. Jin yang lepas dan berjalan

Alam Jin Menurut Al-Qur’an Dan Sunnah

1.Jin dikenakan kewajiban seperti halnya manusia. “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku” (Adz Dzaariyaat : 56)

2.Jin ada yang mukmin dan ada juga yang kafir. “Dan sesungguhnya di antara kami ada orang orang yang shalih dan diantara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda beda.” (Al Jin : 11)

3.Jin itu diciptakan lebih dahulu daripada manusia. “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas”. (Al Hijr : 26-27)

4.Jin adalah satu bangsa yang besar dan terbagi bagi, sehingga Iblis termasuk salah satu bangsa jin. “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan keturunan keturunannya sebagai pemimpin selain daripada Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah Iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang orang yang zalim.” (Al Kahfi : 50)

5.Manusia lebih mulia daripada jin. “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang orang yang kafir.” (Al Baqarah : 34). Oleh karena itu apabila ada manusia yang memohon pertolongan kepada jin, maka ia membuat jin semakin sombong, takabur, dan besar kepala.

6.Jin, termasuk Iblis beserta kaumnya tidak bisa dilihat oleh mata kepala kita, manusia tidak bisa melihat jin (dalam rupa aslinya). “Hai anak Adam, janganlah sekali kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan setan itu pemimpin pemimpin bagi orang orang yang tidak beriman.” (Al A’raaf : 27)

7.Manusia itu dapat dirasuki oleh jin, dengan kata lain kesurupan. “Orang orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila.” (Al Baqarah : 275)

8.Bahwa jin atau setan itu ada yang laki dan ada yang perempuan dan mereka sama dengan kita, kawin dan bercampur antara laki laki dan perempuan. “Dan bahwasannya ada beberapa orang laki laki diantara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki laki diantara jin, maka jin jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.” (Al Jin : 6). Juga hadits yang merupakan do’a yang kita baca ketika masuk WC (yang artinya) : “Ya Allah aku berlindung kepada Mu dari jin yang laki laki dan yang perempuan”.

9.Bangsa jin itu juga makan seperti kita, hanya saja makanannya tidak sama dengan makanan kita dan adakalanya dia mencuri makanan kita sebagaimana setan mencuri makanan zakat dari Abu Hurairah yang diperintah oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menjaganya. Makanan jin diantaranya adalah tulang dan kotoran, makanan manusia yang tidak menyebut nama Allah, dan minuman yang terlarang.

10.Hadits riwayat Ibnu 'Abbas ra dalam tafsirnya, dng redaksi sbb :"Jin terbagi tiga kelompok; Kelompok pertama yg ada di udara; kelompok kedua adalah jin yg bisa naik turun sekehendak hati mereka ; sedangkan kelompok ketiga adalah jin yg berbentuk ular dan anjing." Setan juga bisa mempengaruhi jasad manusia dengan perbuatannya : Di-takhrij oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Ibnu 'Abbas bahwasanya Rasulullah saw bersabda :"Sekiranya salah seorang di antara kamu bermaksud mencampuri istrinya, maka hendaknya dia mengatakan,"Bismillahi, allahumma jannibnasy-syaithana wa jannibisy-syaithana maa razaqtanaa." (dengan nama Allah, ya Allah, jauhkanlah kami dari setan, dan jahkanlah setan dari apa yg Engkau anugerahkan kepada kami." Sebab kalau Allah menakdirkan lahirnya seorang anak dari hubungan itu, maka dia tdk akan diganggu setan untuk selama-lamanya."



11.Diriwayatkan dari Sayyidah Shafiyyah...ra binti Huyay bahwa Rasulullah saw bersabda,"Sesungguhnya setan itu berjalan dalam tubuh anak Adam sebagaimana darah yg mengalir dalam tubuhnya." (HR. Muslim). 

Setan dpt berjalan dlm tubuh manusia sebagaimana arus listrik yg berjalan pd kabel. Yang bisa menguasai manusia, yg dpt menimbulkan pertengkaran, hilang ingatan (gila), kemauan dn kesadaran. 

12.Dalam Shahih Muslim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

Jika salah seorang di antara kalian makan, makanlah dengan tangan kanannya. Ketika minum, minumlah dengan tangan kanan. Karena setan itu makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim no. 2020).

Dalil lainnya juga menunjukkan setan itu makan dan minum yaitu dari hadits Jabir bin ‘Abdillah, ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

“Jika salah seorang di antara kalian memasuki rumahnya, lalu ia berdzikir pada Allah ketika memasukinya dan ketika hendak makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Sungguh kalian tidak mendapat tempat bermalam dan tidak mendapat makan malam.” Namun ketika seseorang memasuki rumah dan tidak berdzikir pada Allah, setan pun berkata (pada teman-temannya), “Akhirnya, kalian mendapatkan tempat bermalam.” Jika ia tidak menyebut nama Allah ketika makan, setan pun berucap (pada teman-temannya), “Kalian akhirnya mendapat tempat bermalam dan makan malam.” (HR. Muslim no. 2018).

Mintak Bantuan Jin ?

Bagi segolongan umat ini, meminta bantuan jin apalagi setan, itu jelas kemusyrikan. Dan orangnya disebut musyrik. Karena dia telah minta tolong kepada selain Allah swt, apalagi kepada makhluk gaib.

Saudaraku, Memang banyak orang membaca Kitabullah (al-Qur'an), tapi sedikit yang paham. Nah, yang membahayakan sedikit paham, lalu menyampaikan kepada orang lain. Inilah yang disinyalir Rasulullah,"..Lalu mereka menjadikan orang2 bodoh itu tempat bertanya. Dan akhirnya mereka telah sesat dan menyesatkan." (Al-Hadits).

Saudaraku, Al qur'an dengan jelas mengisahkan saat Nabi Sulaiman as meminta kepada salah seorang pengikutnya untuk memindahkan istana Ratu Saba'. Dan jangan salah salah seorang pengikutnya ini rupanya bernama "Ifrit" (dari golongan jin). Allah swt berfirman : "Berkata Sulaiman :"Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yg sanggup mebawa singgasananya (singgasana Ratu Saba'_pen) kepasaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yg berserah diri?" Berkata Ifrit (dr golongan jin) :"Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu. Sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya dan dapat dipercaya." (QS. 27 : 39)

Bahkan seorang pengikut lain Nabi Sulaiman as menjamin beliau as menghadirkan singgasana dlm waktu sekerdipan mata. Allah berfirman :"Berkatalah seorang yg mempunyai ilmu dari al-Kitab :"Aku akan membawa singgasana itu sebelum matamu berkedip." Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata :"Ini termasuk karunia Tuhan-ku." (QS 27 : 40).

Saudaraku, Di ayat itu jin itu berarti adalah pengikut yg setia melayani Nabi Sulaiman as, Ada yg membantah :"Krn yg melakukan adalah seorang nabi, maka tdk dianggap syirik. Tapi kalau yg meminta orang muslim biasa maka disitulah "kesyirikannya". Hakekat syirik, itu tdk akan berubah dengan beda derajat orang di sisi Allah. Seandainya Sulaiman memerintah rakyatnya menyembah jin, krn yg memerintahkan seorang nabi, maka tidak syirik. Ini adalah bantahan yg tdk berdasar dan pemahaman orang bodoh. Kalau pada dasarnya dalil menyembah selain Allah swt, syirik. Maka siapapun yg memerintah, ya tetap syirik hukumnya.

Baiklah, Saudaraku.. Allah swt berfirman :"Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka itu diatur dengan tertib." (QS 27 : 17).

"Dan di antara sebagian dari jin ada yg bekerja di bawah kekuasaannya dgn izin Tuhan-nya. Dn siapa yg menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yg apinya menyala-nyala. Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yg dikehendakinya." (QS 34 : 12_13). "Tidak seorangpun dari para Rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah." (QS 40 : 78).

Dulu saat penulis di pondok pesantren, pernah diajari sama pak kyai tentang tafsir Yaasiin, karangan Syeikh Hamamy Zadah, hal. 12 ; penulis nukilkan sebuah riwayat hadits dari 'Aisyah ra ; "Dan di alam gaib, ada bangsa yang jumlahnya banyak, dan seorangpun tidak mengetahui kecuali Allah ta'aala (kepastian hitungan banyaknya-pen), dn dalam tafsir Sang Syeikh, bahwasanya di alam gaib ada langit, ada bumi dan gunung-...gunung, serta lautan ; singgasana dan tahta kerajaan. Matahari, bulan dan bintang-bintang, dan alam (dunia) ini dibanding dengan alam gaib seperti setetes air di lautan. Seperti telah diriwayatkan sesungguhnya ada seseorang meninggal dunia dan Rasulullah saw menyolati atas jenazahnya, pergi mengiringi jenazahnya ke kuburnya, menguburkannya lalu pulang ke rumah kembali, lalu 'Aisyah ra berdiri dan menyentuh sorban Nabi saw dengan tangannya dan berkata,"Alangkah menakjubkan, sorban dan baju tuan telah basah kena air hujan! Padahal di hari itu tak ada hujan turun. Maka tahulah Nabi saw bahwa 'Aisyah ra telah melihat hujan alam gaib, lalu Nabi saw bersabda :"Di hari saat aku menyelamkan kepalamu," lalu 'Aisyah berkata :"Tuan selamkan kepalaku di balik mantel tuan?" lalu Nabi saw bersabda :"Wahai 'Aisyah, jubah itu sungguh telah menyingkapkan hijab pandangan (batin)mu, maka engkau dpt melihat hujan alam gaib."

Dan Nabi saw bersabda :"Wahai 'Aisyah, dan di alam gaib ada hujan, awan mendung, matahari dan bulan; dan tidak melihatnya kecuali PARA WALI ALLAH DAN ORANG-ORANG SHALEH, dan firman-Nya (Allah) ta'aala :"..dan dari apa yang mereka tidak mengetahuinya.." adalah isyarat terhadap semua yang telah disebutkan di atas."

Manusia Melihat Jin ?

Al-Baihaqi meriwayatkan dlm manaqib as-Syafi'i, dengan sanad ar-Rabi', katanya,"Saya mendengar as-Syafi'i berkata :"Barang siapa mengklaim dirinya melihat jin, maka kami menganggap syahadatnya telah batal, kecuali jika dia seorang nabi."

Komentar Ibnu Hajar :"(Ini, yg dikatakan Imam Syafi'i) sangat mungkin bagi orang yg mengaku sebagai melihat jin dlm bentuk mereka sebagaimana mereka diciptakan. Sedangkan orang2 yg mengatakan telah melihat mereka (jin) sesudah mereka mengalami perubahan dlm bentuk hewan, misalnya maka itu tidak mengapa. Sebab, berbagai riwayat telah megatakan tentang perubahan-perbahan bentuk mereka." (Fathul Bari, juz 6 : hal. 396 oleh Ibnu Hajar al-Asqalani).



Sedangkan pendapat As-Syaukani : "Sebagian ulama menggunakan ayat ini (..Sesungguhnya mereka dan pengikutnya melihat kamu dari arah yg kamu tdk bisa melihat mereka) sebagai dalil bahwa melihat setan itu tidak mungkin. Padahal dlm ayat tersebut tdk ada isyarat yg menyatakan demikian. Pengertian ayat tersebut adalah bahwa Iblis melihat kita dari tempat yg kita tdk melihatnya, dan bukan berarti bahwa kita tdk bisa melihatnya untuk selamaya. Tak terlihatnya mereka oleh pandangan kita saat mereka melihat kita, sama sekali tdk mengharuskan ketidak-mungkinan setan atau jin untuk dilihat." (Tafsir Fath-al-Qadir, al-Babi al-Halabi : juz 2 : hal. 197).



Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah saw berkata,"Di Madinah ada sekelompok jin, dan mereka telah menyatakan diri masuk Islam. Kalau salah seorang di antara kalian melihat sesuatu (yg mencurigakan), maka mintalah ia pergi. Tetapi kalau ia tetap membandel maka bunuhlah ia. Sebab dia adalah setan."

By Abi Faid



Jakarta  2/10/2013 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Halaman