Senin, 28 Januari 2013

PESAN-PESAN Rasulullah saw





BERSAMA RASULULLAH SAW
IKUTIN AKU


  1. Sebaik-baik ummatku adalah mereka bersaksi tidak ada tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya aku adalah utusan Allah, bilamana mereka berbuat kebajikan mareka bergembira, dan jika mereka berbuat kesalahan mereka memohon ampun…( dari ‘Urwah bin  ruwaim.HR Abu Nu’aim)
  2. Sebaik-baik anak cucu Adam as ada lima: Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Muhammad saw, dan yang paling baik diantara mereka adalah Nabi Muhammad saw. (dari Sa’id;HR Ibnu Majah)
  3. Sebaik-baik diantara kamu adalah yang paling baik akhlaknya.(dari ibnu ‘amr;HR Ahmad,Bukhari, Muslim dan Tirmidzi)
  4. Sebaik-baik kamu adalah yang paling bagus melunasi hutang. (dari Abu Hurairah;HR Tirmidzi, dan Nasai)
  5. Sebaik-baik kamu adalah yang paling baik terhadap keluarganya. (dari Abi Kabsyah;HR Thabrani)
  6. Sebaik-baik kamu adalah yang paling baik terhadap istrinya.(dariibnu ‘Amr;HR Ibnu Majah)
  7. Sebaik-baik sahabat disisi Allah adalah mereka yang baik terhadap sahabatnya, dan sebaik-baik tetangga disisi Allah adalah mereka yang paling baik terhadap tetangganya. (dari Ibnu Amr;HR Ahmad,Tirmidzi dan Hakim)
  8. Sebaik-baik amal adalah salat pada awal waktunya.(dari Ibnu Umar; HR Hakim)
  9. Sebaik-baik do’a adalah istighfar. (dari Ali; HR Hakim)
  10. Sebaik-baik zikir adalah zikir khafi(tersembunyi) dan sebaik-baik rezki adalah sesuatu yang mencukupi. (dari Sa’id; HR Ahmad, Ibnu Hibban dan Baihaqi)
  11. Sebaik-baik ibadah adalah ibadah yang paling ringan.(dari Ustman)
  12. Sebaik-baik kalam ada empat tidak mengapa dari mana memulainya yaitu tasbih, tahmid,tahlil dan takbir.(dari Abu Hurairah; HR Dailami)
  13. Sebaik-baik muslim adalah orang lainyang selamat dari mulut dan tangannya.(dari Ibnu Amr;HR Muslim)
  14. Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling bagus bacaannya, yang paling faham tentang agama Allah, yang paling taqwa kepada-Nya, yang paling menyeruh kebajikan, yang paling mencegah kemunkaran, dan yang paling menyembung kerabat-dekat.(dari Durrah binti Abu Lahab;HR Ahmad dan Thabroni)
  15. Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan baik amalnya. (dari Abdullah bin Yasr;HR Ahmad dan Tirmidzi)
  16. Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bagus akhlaknya.(dari Ibnu Umar;HR Thabrani)
  17. Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling (tepat)membayar hutang(.Iryadh bin Sariyah;HR Ibnu Majah



18.  Sebaik-baik manusia adalah seorang mukmin fakir yang memberi(bersedekah)
       dengan tenaganya.(dari Ibnu Umar;HR Dailami)
  1. Sebai-baik manusia adalah mereka yang paling berguna kepada orang lain.(dari Jabir;HR AL-Qadhai)
  2. Sebaik-baik wanita adalah mereka yang menyenangkan kamu bila dipandang, patuh jika kamu perintah, dan menjaga dirinya ketika kamu tidak ada dan mengawasi harta kamu. (dariAbdullah bin Salam;HR Thabrani)
  3. Sebaik-baik pintu kebajikan adalah bersedekah.(dariIbnu Abbas;HR Daruqudni)
  4. Sebaik-baik ummatku sesudahku adalah Abu Bakar dan Umar.(dari Ali dan Zubair;HR Ibnu Asakir)
  5. Sebaik-baik ummatku adalah mereka yang bilama berbuar kesalahan mereka memohon ampun dan jika mereka berbuat baik mereka bergembira, jika mereka bepergian mereka mengqashar (salat) dan berbuka(tidak berpuasa).(dari Jabir;HR Thabrani)
  6. Sebaik-baik rumah bagi muslim adalah rumah yang di dalamnya anak yatim yang diperlakukan dengan baik, sedangkan sejelek-jelek rumah muslim yang di dalamnya ada anak yatim yang disakiti, saya (Rasulullah saw) dan orang yang memperhatikan anak yatim berada di surga seperti ini(dua jari yang berdekatan).(dari Abi Hurairah; HR Bukhari, Ibnu Majah dan Abu Nu’aim)
  7. Sebai-baik rumah kamu adalah rumah yang didalamnya ada anak yuatim yang dimuliakan. (dari Umar; HR Uqaili dan Abi Nu’aim)
  8. Sebaik-baik pakianmu adalah baju putih: pakaikanlah buat yang hidup dan kafanilah dengannya(putih) bagi yang meninggal.(dari Anas; HR Daruqudni)
  9. Sebaik-baik perangi orang yang berpuasa adalah bersiwak(gosok gigi).(dari Aisyah; HR Baihaqi)
  10. Sebaik-baik shaf shalat orang lelaki berada di awal, sejelek-jelek  berada di akhir, sebaik-baik shaf orang perempuan berada di akhir dan sejelek-jelek shaf perempuan di awal. (dari Abu Hurairah;HR Thabrani)
  11. Sebaik-baik shalatnya orang perempuan berada didalam rumahnya.(dari Ummi Salmah;HR Thabrani)
  12. Sebaik-baik kamu berobat adalah dengan berbekam.(dari Samarah;HR Ahmad,Thabrani dan Hakim)
  13. Sebaik-baik perempuan semesta alam ada empat; Maryam binti Imran, Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad dan Asiyah istri Fir’aun.(dari  Ali;HR Ahmad dan Thabrani)
  14. Sebaik-baik hari tatkala matahari terbit adalah hari jum’at, dihari tersebut Adam diciptakan dan dimasukkan surga, juga dia dikeluarkan dari surga, dan hari kiyamat tidak akan terjadi kecuali hari jum’at. (dari Abu Hurairah;HR Ahmad, Muslim dan Tirmidzi)
  15. Sebaik-baik istri diantara kalian adalah istri yang menjaga kesucian diri lagi yang semangat muda, memelihara kehormatannya dan yang mesra kepada suaminya. (dari Anas; HR Dailami)



  1. Sebaik-baik kalian adalah kalian yang paling baik terhadap keluarganya, saya(Rasulullah saw) orang yang paling baik terhadap keluargaku, tidak ada yang memuliakan perempuan kecuali orang lelaki yang mulia, dan tidak pula perempuan dihina melainkan orang lelaki yang jelek tabiatnya. (dari Ali; HR Ibnu Asakir)
  2. Sebaik-baik kalian adalah orang yang memberi makan, menjawab salam.(dari Shahaib;HR Abu Dawud dan Nasai)
  3. Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.(dari Ali;HR Bukhari dan Tirmidzi;dari Ustman;HR Ahmad, Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)
  4. Sebaik-baik kalian adalah orang yang tidak meninggalkan akhirat untuk dunianya, dan orang yang tidak mengabaikan dunia untuk akhiratnya dan ia tidak menjadi beban orang lain. (dariAnas;HR Khathib)
  5. Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling zuhud di dunia dan orang yang paling menginginkan akhirat.(dari Hasan; HR Baihaqi)
  6. Sebaik-baik keislaman kalian adalah orang yang paling bagus akhlaknya.(dariAbu Hurairah;HR Bukhari)
  7. Amalan yang paling utama adalah shalat pada waktunya dan berbuat baik kepada kedua orang tua. (dari Ibnu Mas’ud;HR Muslim)
  8. Amalan yang paling utama adalah shalat di awal waktunya. (dari Ummu Faruh;HR Dawud,Tirmidzi dan Hakim)
  9. Amalan yang paling utama sesudah beriman kepada Allah adalah menyayangi orang lain.(dariAbu Hurairah;HR Thabrani)
  10. Amalan yang paling utama adalah cinta karena Allah dan benci karena Allah.(dari Abu Dzar;HR Dawud)
  11. Hari yang paling utama adalah hari jum’at.(dari Abu Hurairah;HR Baihaqi)
  12. Iman yang paling utama adalah kesabaran dan dermawan.(dari Ma’qal bin Yasar;HR Dailami)
  13. Jihad yang paling utama adalah menyampaikan kalimat haq kepada penguasa yang aniaya.(dari Abu Sa’id;HR Ahmad,Ibnu Majah,Thabrani dan Baihaqi)
  14. Do’a yang paling utama adalah do’anya seseorang untuk dirinya.(dari Aisyah;HR Ibnu Majah)
  15. Do’a yang paling utama adalah engkau meminta kepada Tuhanmu ampunan dan kesehatan dunia-akhirat,jika kamu diberikan keduanya (ampunan dan kesehatan) di dunia kemudian diberikannya di akhirat juga maka kamu tergolong orang yang bahagia.(dari Anas;HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)
  16. Dzikir yang paling utama adalah La ilaha illallah (tidak ada tuhan melainkan Allah) dan do’a yang paling utama adalah al-Hamdulillah(al-Fatihah).(dari Jabir;HR Tirmidzi,Nasai, Ibnu Majah,Ibnu Hibban dan Hakim)
  17. Sedekah yang paling utama adalah memberi minum.(dari Ibnu Abbas;HR Abu Ya’li)
  18. Sedekah yang paling utama adalah seorang muslim yang menuntut ilmu lalu mengajarkannya kepada saudaranya muslim.(dari Abi Hurairah;HR Ibnu Majah)




  1. Sedekah yang paling utama adalah bersedekah kepada kerabat yang bermusuhan dalam hati.(dariAbu Aiyub;HR Ahmad dan Thabrani)
  2. Sedekah yang paling utama adalah engkau memberi makan(mengenyangkan) orang yang lapar(perut yang lapar).(dari Anas;HR Baihaqi)
  3. Shalat yang paling utama disisi Allah adalah shalat subuh ddi hari jum’at dengan berjama’ah.(dari IbnuUmar;HR Abu Na’im dan Baihaqi)
  4. Shalat yang paling utama sesudah shalat wajib adalah shalat dipenghujung malam dan puasa yang paling utama sesudah ramadhan adalah (puasa) di bulannya Allah yaitu bulan Muharram.(dari Abu Hurairah;HR Muslim dan Abu Dawud dan Nasai)
  5. Shalat yang paling utama adalah (shalat) yang disertai qunut panjang(berdiri lama).(dari Jabir;HR Ahmad,Muslim,Tirmidzi danIbnu Majah)
  6. Shalat yang paling utama adalah shalatnya (sunnah) seseorang di rumah ,kecuali shalat lima waktu.(dari Zaid bin Stabit;HR Nasai dan Thabrani)
  7. Puasa yang paling utama adalah puasanya saudaraku Nabi Dawud as, sehari puasa dan sehari tidak berpuasa, dan ia tidak lari(dalam kadaan puasa) jika bertemu musuh.(dari Ibnu Amr;HR Tirmidzi dan Nasai)
  8. Ibadah yang paling utama derajatnya disisi Allah di hari kiamat adalah orang-orang yang berdzikir kepada Allah dengan dzikir sebanyak-banyaknya.(dari Abu Sa’id;HR Ahmad dan Tirmidzi)
  9. Ibadah yang paling utama adalah berdo’a.(dari Ibnu Abbas;HR Hakim)
  10. Bacaan al-Qur’an yang paling utama adalah al-Hamdulillahi rabbil alamin(al-Fatihah).(dari Anas;HR Hakim dan Baihaqi)
  11. Usaha atau bekerja yang paling utama adalah jual-beli yang baik dan pekerjaan seseorang dari tangannya(kerja keras).(dari Abu Bardah bin Nayar;HR Ahmad dan Thabrani)
  12. Kalam(ungkapan) yang paling utama adalah tasbih,tahmid,tahlil dan takbir.(dari seseorang;HR Ahmad)
  13. Orang-orang yang beriman yang paling utama adalah mereka yang paling bagus akhlaknya.(dari Ibnu Umar;HR Ibnu Majah dan Hakim)
  14. Manusiayang paling utama adalah orang yang beriman yang berjihad di jalan Allah dengan dirinya dan hartanya, kemudian mukmin yang tergolong bertaqwa kepada Allah,mencegah kejahatan manusia.(dari Abu Sa’id;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah)
  15. Wanita penghunisurga yang paling utama adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad saw, Maryam binti Imran dan Asiyah binti Muzahim istri Fir’aun.(dari Ibnu Abbas;HR Ahmad,Thabrani dan Hakim) 
  16. Baramgsiapa menyakiti orang-orang Islam di jalan mereka (buang hajat) maka wajib mendapat laknat.(dari Hudzaifah; HR Thabrani)
  17. Barangsiapa menyakiti saidina Ali karamallah wajhah maka sesungguhnya dia menyakti aku(Rasulullah saw).(dari Amr bin Syas;HR Ahmad,Bukhari dan Hakim)





  1. Barangsiapa menyakiti sya’aratan(bagian kecil) dariku maka sungguh ia menyakitiku dan barangsiapa menyakitiku maka dia telah menyakiti Allah swt.(dari Ali;HR Asakir)
  2. Barangsiapa menyikiti seorang muslim maka sungguh ia menyakitiku dan barangsiapa menyakitiku sama dengan menyakiti Allah swt.(dari Anas;HR Thabrani)
  3. Barangsiapa memberi tempat satu anak yatim atau dua lalu sabar dan ia mengharap(pahala) maka saya dan dia berada di surga seperti dua jari ini.(dari Ibnu Abbas;HR Thabrani)
  4. Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak ini(meninggal) lalu ia berbuat baik kepada mereka maka mereka menjadi penghalang baginya dari neraka.(dari Aisyah;HR Ahmad,Bukhari,Muslim dan Nasai)
  5. Barangsia yang diuji dengan musibah lalu sabar, diberi lalu bersyukur, dianiaya lalu memaafkan, berbuat aniaya lalu minta ampun maka mereka inilah tergolong orang-orang yang mendapat hidayah.(dari Sakhbarah;HR Thabrani dan Baihaqi)
  6. Barangsia yang mendapat nikmat lalu menceritrakannya mak sungguh ia bersyukur dan jika ia menyembunyikannya maka sungguh ia kufur.(dari Jabir;HR Dawud)
  7. Barangsia mendatangi seorang peramal lalu bertanyak kepadanya tentang sesuatu maka empat puluh hari shalatnya tidak diterima.(dari istri-istri Nabi;HR Ahmad dan Muslim)
  8. Barangsia mendatangi seorang peramal atau dukun lalu membenarkan apa yang ia katakan maka sungguh ia kufur terhadap apa-apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad dan Hakim)
  9. Barangsiapa mendatangi tempat tidurnya (mau tidur) dan ia berniat bangun malam untuk shalat lalu ia dikalahkan dengna kantuknya(masih tertidur) sampai waktu subuh maka dicatat sesuai niatnya dan tidurnya dianggap sedekah dari Tuhannya.(dari Abu Darda’;HR Nasai,Ibnu Majah,Ibnu Hibban dan Hakim)
  10. Barangsiapa mendatangi dukun lalu membenarkan apa yang dikatakannya atau mendatangi (menggauli) istri dalam kadaan menstruasi atau mendatanginya dari duburnya maka sungguh dia terlepas dari ajaran Nabi Muhammad saw.(dariAbu Hurairah;HR Ahmad,Abu Dawud dan Nasai)
  11. Barangsiapa mencintai karena Allah, memberi karena Allah,melarang karena Allah maka sungguh imannya sempurna.(dari Abu Amamah;HR Dawud)
  12. Barangsiapa senang bertemu dengan Allah maka Allahpun senang bertemu dengannya dan barangsiapa benci bertemu dengan Allah maka Allah juga demikian.(dari Aisyah;HR Ahmad,Bukhari,Muslim,Tirmidzi dan Nasai)
  13. Barangsiapa mencintai dunianya maka dunia akan mensengsarakan akhiratnya dan barangsia mencintai akhiratnya maka akhiratnya akan mensengsarakan dunianya, oleh karena itu pilihlah yang kekal(akhirat).(dari Abu Musa;HR Ahmad dan Hakim)





  1. Barangsiapa mencintai fitrahku (mahabbah/kecintaan) maka hendaklah melakukan sunnahku dan sesungguhnya diantara sunnahku adalah nikah.(dari Abu Hurairah;HR Baihaqi)
  2. Barangsiapa mencintai suatu kaum maka Allah akan mengumpulkannya dengan jama’ah/kelompok mereka.(dari Abu Qarshafah;HR Thabrani)
  3. Barangsiapa mencintai Hasan-Husin (cucu Rasulullah saw) maka sungguh ia mencintai aku dan barangsiapa membenci keduanya bearti dia membenciku.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Ibnu Majah dan Hakim)
  4. Barangsiapa mencintai saidina Ali karamallah wajhah maka sesungguhnya ia mencintaiku dan barangsiapa membencinya maka sesungguhnya ia membenciku juga.(dari Salman;HR Hakim)
  5. Barangsiapa senang melihat seorang syahid(meninggal dalam peperangan) yang berjalan di muka bumi maka lihatlah Thalhah bin ‘Ubaidillah.(dari Jabir;HR Tirmidzi dan Hakim)
  6. Barangsiapa senang menyambung orang tuanya di makam maka sambunglah  saudara-saudara ayahnya sesudahnya.(dari Ibnu Umar;HR Abu Ya’li dan Ibnu Hibban)
  7. Barangsiapa gembira dengan buku catatan amalnya(shahifah) maka hendaklah memperbanya beristighfar(banyak mohon ampun).(dari Zubair;HR Ibnu Hibban)
  8. Barangsiapa senang merasakan nikmatnya iman maka cintailah seseorang karena Allah.(dariAbu Hurairah;HR Ibnu Hibban)
  9. Barangsiapa suka dilapangkan rezkinya dan dipanjangkan umurnya maka sambunglah keluarga dekatnya.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad dan Bukhari)
  10. Barangsiapa berbekam pada tanggal 17,19,atau 21 setiap bulan maka kesembuhan baginya dari beberapa penyakit.(dariAbu Hurairah;HR Dawud dan Hakim)
  11. Barangsiapa mengada-ada(membuat hal yang baru) dalam urusan kami(ajaran agama) yang tidak ada contoh dari kami maka urusan tersebut tertolak.(dari Aisyah;HR Bukhari-Muslim,Dawud dan Ibnu Majah)
  12. Barangsiapa bersaksi tidak ada tuhan selain Allah maka ia masuk surga.(dari Ibnu Umar;HR AL-Bazzar)
  13. Barangsiapa bersaksi tidak ada tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah maka Allah mengharamkan dirinya masuk neraka.(dari Ubadah;HR Ahmad,Muslim dan Tirmidzi)
  14. Barangsiapa bersaksi palsu dengan mengambil harta seorang muslim atau menumpahkan darah kepadanya maka sesungguhnya ia wajib masuk neraka.(dari Ibnu Abbas;HR Thabrani)
  15. Barangsiapa puasa di bulan ramadhan atas dasar iman dan mengharab ridho(Allah) maka ia diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Bukhari-Muslim dan Abu Dawud dan Nasai)
  16. Barangsiapa puasa di bulan ramadhan lalu disertai pausa enam hari di bulan syawal maka puasanya(pahalanya) seperti puasa setahun.(dari Abu Aiyub;HR Ahmad, Muslim, Dawud dan Nasai)



  1. Barangsiapa puasa tiga hari setiap bulan maka sesungguhnya dia berpuasa (sama dengan) setahun.(dari Abu Dzar;HR Ahmad,Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah)
  2. Barangsiapa puasa satu hari di jalan Allah maka Allah menjauhkan dirinya dari api neraka tujuh puluh tahun (jaraknya).(dari Abu Sa’id;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Tirmidzi dan Nasai)
  3. Barangsiapa pusa pada hari Arofah niscaya Allah mengampuninya dua tahun, sebelum dan sesudahnya.(dari Qatadah bin Nu’man;HR Ibnu Majah).
100.    Barangsiapa puasa sepanjang masa(al-abada) maka tidak ada baginya(pahala) puasa dan tidak berbuka.(dari Abdullah bin syakhir;HR Ahmad,Nasai,Ibnu Majah dan Hakim)
101.    Barangsiapa puasa tiga hari dalam bulan Haram yaiti kamis, jum’at dan sabtu maka ia dicatat ibadah(pahala puasa) dua tahun.(dari Anas;HR Thabrani)
102.    Barangsiapa shalat fajar dan ashar(al-bardaini) masuk surga (dari Abu Malik asy-Syuja’I;HR Thabrani)
103.    Barangsiapa shalat isyak dengan berjama’ah maka setiap langkahnya termasuk bagian dari lailatul qadar.(dari Abi Umamah; HR Thabrani)
104.    Barangsiapa shalat(sunnah) sehari-semalam 12 raka’at tathawu’ maka Allah membangunkannya rumah disurga.(dari Ummu HABIBAH;hr Ahmad,Muslim,Dawud,Nasai dan Ibnu Majah)
105.    Barangsiapa shalat dhuha 4 raka’at sebelum(masuk waktu)dhuhur 4 raka’at maka bagi punya rumah disurga.Abu Musa;HR Thabrani)
106.    Barangsiapa shalat 4 raka’at sebelum ashar maka Allah mengharamkan api neraka baginya. (dari Ibnu Amr;HR Thabrani)
107.    Barangsiapa bershalawat kepadaku 1 kali maka Allah bershalawat kepadanya 10 kali.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Muslim,Dawud dan Nasai)
108.    Barangsiapa bershalawat kepadaku 1 kali maka Allah bershalawat 10 kali kepadanya, menghapus 10 kesalahan dan mengangkat 10 darojat baginya.(dari Anas;HR Ahmad,Bukhari, Nasai dan Hakim)
109.    Barangsiapa bershalawat kepadaku 10 kali diwaktu subuh dan diwaktu sore 10 kali maka baginya memperoleh syafa’atku(pertolongan) di hari kiamat.(dari Abu Darda’;HR Thabrani)
110.    Barangsiapa bershalawat kepadaku dengan benar-benar bershalawat maka Allah mencatatnya  1 qirath baginya, 1 qirath sama dengan gunung Uhud.(dari Ali;HR Abdur Razak)
111.    Barangsiapa membaca 100 ayat sehari –semalam maka dia tercacat bukan termasuk orang-orang pelupa(kepada Allah).(dari Abu Hurairah;HR Hakim)
112.    Barangsiapa baca surat al-Baqarah (istiqomah)maka dia dinaungi di surga.(dari ash-shashal;HR Ibnu Hibban)
113.    Barangsiapa baca ayat kursi setiap usai shalat fardhu niscaya ia tidak terlarang masuk surga jika meninggal dunia.(dari Abu Umamah;HR Nasai dan Ibnu Hibban)





114..Barangsiapa baca 2 ayat akhir surat al-Baqarah dimalam hari maka ia seperti
        menghidupkan malam dengan baca al-Qur’an.(dari Ibnu Mas’us;HR Dawud dan
         Nasai)
114.    Barangsiapa baca surat al-Kahfi pada hari jum’at maka ia mendapat cahaya (petunjuk) anatara 2 jum’at.(dari Abu Sa’id;HR Baihaqi)
115.    Barangsiapa baca 10 ayat yang terakhir dari surat al-Kahfi maka ia terjaga dari fitnah dajjal.(dari Abu Darda’;HR Ahmad,Muslim,dan Nasai)
116.    Barangsiapa baca 3 ayat yang pertama dari surat al-Kahfi naka ia terjaga dari fitnah dajjal.(dari Abu Darda’;HR Tirmidzi)
117.    Barangsiapa baca surat al-Kahfi pada hari jum’at maka ia memperoleh cahaya (hidayah) anatara dia dengan baitullah(bait atiq).(dariAbu Said;HR Baihaqi)
118.    Barangsiapa baca surat Yasin dengan mengharap ridho Allah maka ia diampuni dosanya yang telah lalu,oleh karena itu bacakanlah surat Yasin kepada orang ketika mau meninggal/sudah meninggal.(dari Ma’qal bin Yasar;HR Baihaqi)
119.    Baarangsiapa baca surat hamim ad-Dukhan pada malam jum’at atau hari jum’at maka Allah membangunkannya rumah disurga.(dari Abu Umamah;HR Thabrani)
120.    Barangsiapa baca surat al-Ikhlas 3 kali maka seakan-akan dia baca 1/3 al-Qur’an.(dari Abi bin ka’ab;HR Ahmad dan Nasai)
121.    Barangsiapa baca qul huwa Allah ahad 100 kali Allah mengampuni dosa-dosanya selama 2 tahun.(dari Anas;HR Baihaqi)
122.    Barangsiapa baca usai shalat jum’at al-Ikhlas,al-Falaq dan an-Nas 7 kali niscaya Allah melindunginya dari kejahatan sampai jum’at berikutnya.(dari Aisyah;HR Ibnu Sanni)
123.    Barangsiapa baca sesudah imam jum’at mengucapkan salam surat al-Ikhlas,al-Falaq dan an-Nas 7 kali (setiap suratnya) maka Allah mengampuninya dosa-dasa yang lalu dan mendatang.(dari Anas;HR Abu al-As’ad al-Qusyairi)
124.    Barangsiapa diakhir kalamnya la ilaha illallah masuk surga. (dari Mu’adz;HR Ahmad,Dawud dan Hakim)
125.    Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya, barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berkata baik atau diam.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Nasai dan Ibnu Majah)
126.    Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir janganlah mempertakuti sesama muslim.(dari Sulaiman bin Sharad;HR Thabrani)
127.    Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah memakai sutera dan emas.(dari Abu Umamah;HR Ahmad dan Hakim)
128.    Barangsiapa cinta kepada Allah dan rasul-Nya maka cintailah Usamah bin Zaid.(dari Aisyah;HR Ahmad)
129.    Barangsiapa berdusta tentang aku maka bersiap-siaplah tempat kembalinya di api neraka.(dari Anas;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Tirmidzi,Nasai dan Ibnu Majah)




130..Barangsiapa bertemu(meninggal) dengan Allah tidakmenyekutukan-Nya dengan
        sesuatu maka ia masuk surga.(dari Anas;HR Ahmad dan Bukhari)
130.    Barangsiapa meninggal dalam kadaan  terkait di jalan Allah maka Allah mengamankannya dari siksa kubur.(dari Abu Umamah;HR Thabrani)
131.    Barangsiapa meninggal dalam kadaan ketergantungan(hatinya) dengan sesuatu maka Allah membangkitkannya(dari kubur) sesuai dengan keyakinannya.(dari Jabir;HR Ahmad dan Hakim)
132.    Barangsiapa meninggal sedangkan ia punya hutang puasa maka walinya wajib membayarnya.(dari Aisyah;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,dan Dawud)
133.    Barangsiapa meninggal tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu maka ia masuk surga.(dari Ibnu Mas’ud;HR Ahmad,Bukhari-Muslim)
134.    Barangsiapa meninggal dalam kadaan minum khamr(yang memabukkan) maka ia bertemu dengan Allah dalam kadaan penyembah patung.(dari Ibnu Abbas;HR Thabrani dan Abu Na’im)
135.    Barangsiapa tidak belas kasihan maka ia tidak ddikasihi.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Dawud dan Tirmidzi)
136.    Barangsiapa tidak nenyayangi manusia maka Allah tidak menyayanginya.(dari Jabir;HR Ahmad,Bukhari-Msulim danTirmidzi)
137.    Barangsiapa tidak kasih-sayang kepada orang yang di bumi maka  makhluk di langit tidak menyayanginya.(dari Jabir;HR Thabrani)
138.    Barangsiapa tidak menyayang dia tidak disayang, barangsiapa tidak mengampuni maka dia tidak diampuni.(dari Jarir;HR Ahmad)
139.    Barangsiapa tidak menyayang ia tida disayang, barangsiapa tidak memberi maaf ia ti tidak dimaafkan dan barangsiapa tidak bertaubat maka dia tidak diterima taubatnya.(dari Jarir;HR Thabrani)
140.    Barangsiapa ingin dikehendaki Allah menjadi orang baik maka Allah memberikan pemahaman kepadanya tentang agama dan mengilhamkannya dengan bimbingan.(dari Ibnu Mas’ud;HR Ahmad,Bukhari-Muslim)
141.    Barangsiapa dikehendaki Allah kebaikan ia pasti diuji.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad dan Bukhari)
142.    Barangsiapa banyak beristighfar(mintak ampun) maka Allah  menjadikan gembira dari hesusahan, lapang dari kesempitan dan memberikan rezki kepadanya dengan tidak tersangka-sangka.(dari Ibnu Abbas;HR Ahmad dan Hakim)
143.    Barangsiapa banyak berdzikir kepada Allah maka sungguh ia terbebas dari kemunafikan.(dari Abu Hurairah;HR Thabrani)
144.    Barangsiapa berpakian sutera di dunia maka dia di akhirat nanti tidak memakainya.(dari Anas;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Nasai dan Ibnu Majah)
145.    Barangsiapa tidak beriman kepada takdir baik dan buruknya maka aku(Rasulullah saw) terpisah dengannya.(dari Abu Hurairah;HR Abu Ya’la)
146.    Barangsiapa tidak pandai berterima kasih kepada manusia maka ia Allah tidak berterima kasih kepadanya.(dari Abu Sa’id;HR Ahmad dan Tirmidzi)
147.    Barangsiapa tidak menerima rukhshah dari Allah maka ia berdosa seperti sebesar gunung arafah.(dari Ibnu Umar;HR Ahmad)
148.    Barangsiapa memberikan kemudahan kepada orang yang kesulitan maka Allah memberikan kemudahan dunia-akhirat kepadanya. (dari Abu Hurairah;HR Ibnu Majah)
149.    Barangsiapa berbuat kesalahan/keburukan maka ia di dunia dibalas.(dari Abu Bakar;HR Hakim)
150.    Barangsiapa memenuhi hajat(menolong) kepada saudaranya maka Allah memenuhi hajatnya.(dari Jabir;HR Ibnu Abu Dunya)
151.    Barangsiapa memintak kepada Allah surga 3 kali maka surga berdo’a”ya Allah masukkan ia ke surga” dan Barangsiapa berlindung kepada Allah(selamatkan) dari neraka 3 kali maka neraka berdo’a”selamatkan yaAllah dari neraka” .(dari Anas;HR Tirmidzi,Nasai,Hakim)
152.    Barangsiapa memintak kepada Allah harta yang banyak maka sesungguhnya ia memintak bagian api neraka(akibat yang salah),oleh karenanya mintaklah sedikit atau banyak(terserah milihnya).(dari Abu Hurairah;HR Ahmad,Muslim dan Ibnu Majah)
153.    Barangsiapa memintak selain kefakiran maka sesungguhnya dia memakan bagian api neraka..(dari Habsyi bin Janadah;HR Ahmad)
154.    Barangsiapa mencaci sahabat-sahabatku maka baginya laknatullah,malakat dan seluruh manusia.(dari Ibnu Abbas;HR Thabrani)
155.    Barangsiapa mencaci saidina Ali(karamallahu wajhah) maka sesungguhnya ia mencaciku,dan barangsiapa mencaciku maka sesungguhnya ia mencaci Allah.(dari Ummu Salmah;HR Ahmad dan Hakim)
156.    Barangsiapa menutupi aurat(aib) saudara muslim maka sesungguhnya ia seakan-akan menghidupkan orang yang meninggal.(dari Syihab;HR Thabrani)
157.    Barangsiapa menutup (aib) saudaranya muslim di dunia lalu ia tidak membukanya maka Allah di hari kiamat menutup (aib)nya.(HR Ahmad)
158.    Barangsiapa mampu(minat) meninggal di Madinah lalu ia mati di Madinah maka sesungguhnya aku memberi syfa’at kepadanya.(dari Ibnu Umar;HR Ahmad,Tirmidzi,Ibnu Majah,Ibnu Hibban)
159.    Barangsiapa mempunyai kesenangan (sesuatu) perbuatan yang shalih/baik maka lakukanlah.(dari Zubair;HR Khathib)
160.    Barangsiapa diantara kalian bisa memberikan manfa’at kepada saudaranya maka perbuatlah.(dari Jabir;HR Ahmad,Muslim dan Ibnu Majah)
161.    Barangsiapa menghidupkan 4 malam(utama) maka wajib baginya surga, yaitu malam tarwiyah(persiapan menuju arafah),malam arafah,malam idul adha(kurban) dan malam idul fitri(hari raya).(dari Mu’adz;HR Asakir)
162.    Barangsiapa mengambil tanah sedikit apapun dengan dhalim maka di hari kiamat ia membawanya menuju alam mahsyar(tempat kumpulnya manusia di hari kiamat).(dari Ya’la bin Murrah;HR Ahmad dan Thabrani)
163.    Barangsiapa menggantungkan(meyakini ada manfa’at/mudharat) sesuatu apapun maka sesuatu menjadi wakilnya.(dari Abdullah bin Hakim;HR Ahmad,Tirmidzi dan Hakim)
164.    Barangsiapa menuntut ilmu bukan karena Allah maka bersiapalah dia bertempat di api neraka.(dari Ibnu Umar;HR Tirmidzi)
165.    Barangsiapa bertawadhu’ (rendah hati) karena Allah maka Allah mengangkat derajatnya.(dari Abu Hurairah;HR Abu Na’im)
166.    Barangsiapa menarik pakiannya(sarung/celana/gamis dll) dengan sombong maka Allah tidak melihatnya di hari kiamat.(dari ibnu Umar;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Dawud dan Nasai)
167.    Barangsiapa memelihara 2 raka’at dhuha maka doasanya diampuni meskipun dosanya seluas pasir laut.(dariAbu Hurairah;HR Ahmad,Tirmidzi dan Ibnu Majah)
168.    Barangsiapa hajji karena Allah  lalu ia tidak melakukan(ucapan/perbuatan)keji dan tidak fasiq maka ia seperti anak(tidak punya dosa) baru dilahirkan ibunya.(dariAbu Hurairah;HR Ahmad,Bukhari,Nasai dan Ibnu Majah)
169.    Barangsiapa berbicara tentang aku dengan (meriwayatkan) suatu hadis sedangkan ia mengetahui bahwa itu dusta maka dia tergolong salah satu pendusta.(dari Samarah;HR Ahmad,Muslim dan Ibnu Majah)
170.    Barangsiapa melihara/menjaga(baca) 10 ayat awal surat al-Kahfi maka ia terpelihara dari fitnah dajjal.(dari Abu Darda’;HR Ahmad,Muslim,Dawud dan Nasai)
171.    Barangsiapa menjaga lisan,pendengaran dan penglihatan(dari yang haram) di hari arafah maka ia diampuni dosanya dari arafah berikutnya(tahun berikutnya).(dari al-Fadhal;HR Ibnu Hibban)
172.    Barangsiapa memelihara 40 hadis sunnahku buat ummatku maka aku memasukkannya di hari kiamat kedalam syafa’atku(pertolonganku).(dari Abu Sa’id;HR Ibnu Najjar)
173.    Barangsiapa bersumpah dengan selain Allah maka sungguh ia kufur(musrik).(dari Ibnu Umar;HR Ahmad,Tirmidzi dan Hakim)
174.    Barangsiapa meninggal dalam kadaan puasa di hari itu maka ia masuk surga.(dari Hudzaifah;HR Al-Bazzar)
175.    Barangsiapa keluar untuk menuntut ilmu maka ia termasuk (perang)dijalan Allah sampai dia kembali pulang.(dari Anas;HR Tirmidzi)
176.    Barangsiapa mendo’akan saudaranya  yang tidak hadir(di tempat lain) maka malaikat yang yang mawakili barkata amin dan kamu mendapat (sesuatu)sebagaimana doanya.(dari Abu Darda’;HR Muslim dan Dawud)
177.    Barangsiapa memanggil seseorang dengan nama yang lain maka malaikat melaknatnya.(dari Umar bin Sa’ad;HR Ibnu Sanni)
178.    Barangsiapa diundang untuk (walimatur ars) atau lainnya(bukan haram) maka wajib datang.(dari Ibnu Umar)
179.    Barangsiapa menunjukkan jalan kebaikan maka dia mendapat pahala seperti pahala orang yang melakukannya.(dari Ibnu Mas’ud;HR Ahmad,Muslim, Dawud dan Tirmidzi)
180.    Barangsiapa disebut (namaku) lalu tidak bershalawat kepadaku maka sungguh ia merugi.(dari Jabir;HR Ibnu Sanni)
181.    Akhir kalam yang diucapkan Nabi Ibrahi as ketika dilempar kea pi adalah Hasbiyallah wa ni’mal (cukup Allah begiku dan dia sebaik-baik wakil).(dari Abu Hurairah;HR Khathib)
182.    Rusaknya agama ada 3 perkara 1.faqih fajir(berilmu tapi jahat)2.imam jair(penguasa dhalim),3.mujtahid jahil(ahli ibadah tapi bodoh).(dari Ibnu Abbas;HR Dailami)
183.    Tanda keimanan adalah mencintai kaum anshar dan tanda munafik adalah membencinya.(dari Anas;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,dan Nasai)
184.    Tanda orang munafik ada 3: bila bicara dusta, jika berjanji ingkar dan bila dipercaya khianat.(dari Abu Hurairah;HR Bukhari-Muslim,Tirmidzi dan Nasai)
185.    Mulailah olehmu(berinfak) lalu orang yang terdekat.(dari Hakim bin Hazam;HR Thabrani)
186.    Mulailah oleh kalian dengan sesuatu yang Allah awali(bismillah).(dari Jabir;HR Daruqudni)
187.    Kabarkan oleh kalian dan gembirakan orang sesudahmu bahwa barangsiapa bersyahadat tidak ada tuhan selain Allah dengan benar maka ia masuk surga.(dari Abu Musa;HR Ahmad dan Thabrani)
188.    Perkara halal yang paling dibenci Allah thallaq(bercerai).(dari Ibnu Umar;HR Dawud,Ibnu Majah dan Hakim)
189.    Orang lelaki yang paling dibenci Allah adalah pendendam(sangat bermusuhan).(dari Aisyah;HR Bukhari-Muslim,Ahmad,Tirmidzi dan Nasai)
190.    Bangunlah olehmu masjid-masjid, keluarkan olehmu sarapnya maka barangsiapa membangun rumah(masjid)karena Allah niscaya Allah membangunkan rumah di surga buatnya.(dari  Abu Qarshfah;HR Thabrani)
191.    Abu Bakar di surga,Umar di surga, Ustman di surga, Ali di surga,Thalhah di surga,Zubair di surga, Abdur Rahman bin ‘auf di surga, Sa’ad bin Abi Wqash di surga,Sa’id bin Zaid di surga, Abu ‘Ubaidah bin al-Jarrah di surga.(dari Sa’id bin Zaid;HR Ahmad)
192.    Jibril mendatangiku lalu menghabarkan kepadaku bahwa sesungguhnya orang yang meninggal dari ummatku tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu maka ia masuk surga, lalu aku berkata seandainya ia zina, mencuri maka jibril menjawab meskipun dia zina atau mencuri(tetap masuk surga).(dari Abu Dzar;HR Bukhari-Muslim)
193.    Jibril datang kepadaku lalu berkata: wahai Muhammad hiduplah kamu sesukamu maka sesungguhnya kamu akan mati(maiyit),cintailah orang yang kamu suka maka sesungguhnya kamu akan berpisah dengannya,beramallah(beribadahlah) sesukamu maka sesungguhnya kamu akan dibalas dan ketahuilah sesungguhnya kemuliaan seorang mukmin adalah(tergantung) shalat malamnya dan kemegahannya adalah qana’ahnya(menerima apa adanya) dari manusia.(dari Ali;HR  Abu Na’im)
194.    Malaikat datang kepadaku lalu mengucapkan salam kepadaku, dia turun dari langit dan belum pernah turun dia lalu ia memberikan kabar gembira kepadaku bahwa sesungguhnya Hasan dan Husain itu tuannya dua pemuda surga dan sesungguhnya Fatimah adalah tuannya wanita surga.(dari Hudzaifah;HR Ibnu Asakir)
195.    Takutlah kepada Allah tentang apa yang kamu tahu.(dari Zaid bin Salmah al-Ja’afi;HR Bukhari dan Tirmidzi)
196.    Takutlah kepada Allah dimanapun anda berada, sertailah keburukan dengan kebaukan yang(akhirnya) menghapusnya dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik.(dari Abu Dzar;HR Ahmad,Tirmidzi,Hakim dan Ibnu Hibban)
197.    Takutlah kalian kepada Allah dan berbuat adillah kepada anak-anakmu.(dari an-Nu’man bin Basyir;HR Bukhari-Muslim)
198.    Takutlah kalian kepada Allah dan berbuatlah kebaikan diantara kalian, maka sesungguhnya Allah swt niscaya membaguskan diantara kalian yang beriman di hari kiamat.(dari Anas;HR Abu Ya’la)
199.    Takutlah kepada Allah tentang apa-apa yang menjadi tanggunganmu (manusia/binatang).(dari Ali;HR Bukhari)
200.    Takutlah kalian kepada Allah tentang shalat dan apa-apa yang menjadi tanggung jawab kamu.(dari Ummu Salmah;HR Bukhari)
201.    Takutlah kepada Allah, kerjakan shalat 5 waktu kamu, puasa di bulanmu(ramadhan),tunaikan zakat hartamu agar bersih jiwamu, patuhlah kepada orang yang memegang peran kepadamu niscaya kamu sekalian masuk surga Tuhanmu.(dari Abu Umamah;HR Tirmidzi,Ibnu Hibban dan Hakim)
202.    Takutlah kamu sekalian kepada Allah maka sesungguhnya pengkhianatan kamu kepada kita adalah orang yang mencari kekuasaan(wilayah).(dari Abu Musa;HR Thabrani)
203.    Takutlah kalian tentang hadis dariku kecuali kamu (benar)mengetahuinya. Maka barangsiapa berdusta tentang aku dengan sengaja maka tempat kembalinya kea pi neraka dan barangsiapa berkata tentang al-Qur’an dengan akalnya(tidak mengindahkan ulumul qur’an) maka tempat kembalinya adalah api neraka.(dari Ibnu Abbas;HR Ahmad dan Tirmidzi)
204.    Takutlah kamu berbuat dhalim maka sesungguhnya kedhaliman itu (mengakibatkan) kegelapan/aniaya di hari kiamat.(dari Ibnu Umar;HR Ahmad,Thabrani dan Baihaqi)
205.    Takutlah kamu berbuat dhalim maka sesungguhnya kedhaliman itu kegelapan di hari kiamat, takutlah kamu berbuat bakhil/pelit maka sesungguhnya kebakhilan itu menghancurkan /membinasakan orang sebelum kamu dan membawa mereka berbuat tumpah darah(pembunuhan) nya dan mereka menghalalkan apa yang diharamkan.(dari Jabir;HR Ahmad,Bukhari)
206.    Takutlah do’anya yang teraniaya maka sesungguhnya ia menuju kelangit bagaikan seperti panah (cepatnya do’a).(dari Ibnu Umar;HR Hakim)
207.    Takutlah kalian do’anya yang dianiaya meskipun dia orang kafir maka sesungguhnya doanya tidak ada hijab baginya.(dari Anas;HR Ahmad dan Abu Ya’la)
208.    Takutlah firasat orang mukmin maka sesungguhnya ia melihat dengan nur (cahaya) Allah azza wa jalla.(dari Abu Sa’id al-Hakim;HR Bukhari dan Tirmidzi)
209.    Sempurnakan kamu rukuk dan sujud maka demi Dzat yang menggegamku dengan tang-Nya sungguh aku mengetahui kalian dari belakangku jika kamu rukuk dan sujud.(dari Anas;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Nasai)
210.    Sempurnakan kamu shaf(shalat) maka sesungguhnya aku melihatmu dibelakangku.(dari Anas;HR Muslim)
211.    Sempurnakan kamu wudhu maka celakalah orang yang mengabaikan(kesempurnaan wudhu) (masuk) neraka.(dari Khalid bin Walid;HR Ibnu Majah)
212.    Dua lebih baik daripada satu,tiga lebih baik daripada dua dan empat lebih baik daripada tiga,maka hendaklah kalian berjama’ah(berorganisasi) maka sesungguhnya ummatku tidak akan berjama’ah/berkelompok melainkan berada dalam petunjuk(hidayah).(dari Abu Dzar;HR Ahmad)
213.    Dua orang manusia terbilang kufur:satu mencerca nasab dan dua menangisi(berlebihan) orang meninggal.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad dan Muslim)
214.    Dua macam yang dibenci anak cucu Adam as yaitu pertama kematian,sedangkan kematian itu lebih baik daripada fitnah dan kedua sedikit harta,sedangkan sedikir harta itu meringankan hisab(perhitungan).(dari Mahmud bin Lubaid;HR Sa’id bin Manshur dan Ahmad)
215.    Berkumpulah kamu untuk makan (bersama) dan sebutlah nama Allah niscaya kamu diberkahinya.(dari Wahsyi bin Harb;HR Ahmad,Dawud,Ibnu Majah,Ibnu Hibban dan Hakim)
216.    Jauhilah kamu perbuatan marah.(HR Abu Dunya)
217.    Jauhilah kamu 7 perkara yang membinasakan: syirik(menyekutukan ) Allah,sihir,membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali yang dibenarkan,memakan harta anak yatim,memakan riba’,melarikan diri di waktu perang dan menuduh perempuan(zina/lesbian) yang mukminat yang melakuakan perbuatan keji.(dari Abu Hurairah;HR Bukhari-Muslim,Dawud dan Nasai)
218.    Jauhilah olehmu (memukul) wajah, janganlah kamu memukulnya.(dari Abu Sa’id;HR Ibnu Addi)
219.    Jauhilah olehmu takabbur(kesombongan) maka sesungguhnya hamba sering sombong, sampai Allah mengatakan catatlah(hambaku ini) tergolong mereka orang-orang sombong (jabbarin).(dari Abu Umamah;HR Ibnu Addi)
220.    Jauhilah olehmu (minuman) setiap yang memabukkan.(dari Abdullah bin Maghfal;HR Thabrani)
221.    Jauhilah oleh apa-apa (minuman) yang memabukkan.(dari Ali;HR Al-Hulwani/Hasan bin Ali)
222.    Jadikan olehmu akhir shalat malammu dengan shalat witir.(dari Ibnu Umar;HR Bukhari-Muslim,dan Dawud)
223.    Jadikan olehmu shalat(sunnah) di rumah-rumahmu dan janganlah kamu jadikan rumahmu sebagai makam kuburan.(dari Ibnu Umar;HR Abu Ya’la)
224.    Amalan yang paling dicintai Allah adalah shalat pada waktunya, berbuat baik kepada kedua orang tua, kemudian jihad (berjuang) di jalan Allah.(dari Ibnu Mas’ud;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Dawud dan Nasai)
225.    Amalan yang paling dicintai Allah adalah terus-menerus(beramal) meskipun sedikit.(dari Aisyah;HR Bukhari-Muslim)
226.    Amalan yang paling dicintai Allah adalah engkau meninggal dalam kadaan lisanmu basah dengan berdzikir kepada Allah.(dari Mu’adz;HR Thabrani dan Baihaqi)
227.    Amalan yang paling dicintai Allah sesudah menunaikan kewajiban(rukun islam) adalah menggembirakan (menolong) sesame muslim.(dari Ibnu Abbas;HR Thabrani)
228.    Amalan yang paling dicintai Allah adalah mencintai(seseorang) karena Allah dan membenci(perbuatan) karena Allah.(dari Abu Dzar;HR Ahmad)
229.    Keluargaku yang paling aku cintai adalah Fathimah.(dari Usamah;HR Tirmidzi dan Hakim)
230.    Ahlul batku(keluargaku) yang paling aku cintai adalah Hasan-Husen.(dari Anas;HR Tirmidzi)
231.    Manusia yang paling aku cintai adalah Aisyah dan orang laki yang palin aku cintai adalah bapaknya(Abu Bakar).(dari Amr bin Ash;HR Bukhari-Muslim,dan Tirmidzi)
232.    Negeri yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjidnya, dan yang paling dibenci-Nya adalah pasar-pasarnya.(dari Abu Hurairah;HR Muslim)
233.    Jihad yang paling dicintai Allah adalah menyampaikan kalimat haq(kritik positif) kepada pemimpin/imam yang dhalim.(dari Abu Umamah;HR Ahmad dan Thabrani)
234.    Hadis (ucapan) yang paling aku cintai adalah hadis yang paling benar(al-Qur’an).(dari Masrur bin Makhramah dan Marwan;HR Ahmad dan Bukhari)
235.    Puasa yang paling dicintai Allah adalah puasanya Dawud, dia puasa sehari dan berbuka sehari(tidak berpuasa) dan shalat yang paling dicintai Allah adalah shalatnya nabi Dawud, dia tidur setengah malam, berjaga sepertiga malam(shalat) dan tidur(lagi) seperenam malam.(dari Ibnu Amr;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Dawud dan Nasai)
236.    Makanan yang paling disukai Allah adalah makanan yang banyak tangannya(banyak yang memakan).(dari Jabir;HR Abu Ya’la,Ibnu Hibban,dan Baihaqi)
237.    Kalam yang paling disukai Allah adalah tasbih,tahmid,tahlil dan takbir, tidak mengapa dari mana saja yang engkau mulai(pahalanya sama).(dari Samarah bin Jandab;HR Ahmad dan Muslim)
238.    Hamba yang paling dicintai Allah adalah mereka yang paling berguna bagi keluarganya.(dari Hasan;HR Abdullah)
239.    Rumah-rumahmu yang paling disukai Allah adalah rumah yang ada anak yatim yang dimuliakan.(dari Umar;HR Baihaqi)
240.    Cintailah(kebaikan) manusia sebagaimana engkau mencintai(kebaikan) dirimu.(dari Zaid bin Asid)
241.    Cintailah olehmu Allah yang telah memberi kamu makan dengan nikmat-Nya, cintailah aku karena cinta Allah dan cintailah olehmu keluargaku(ahlul bait) karena cinta kepadaku.(dari Ibnu Abbas;HR Tirmidzi dan Hakim)
  1. Cintailah arab karena aku bangsa arab,al-Qur’an bhs arab dan kalam penghuni surga bahasa arab.(dari Ibnu Abbas;HR Thabrani,Hakim,Baihaqi)
243.    Sempurnakanlah olehmu barisan shaf shalat dengan sebaik-baiknya.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad dan Ibnu Hibban)
244.    Perbaguslah olehmu berpakian(bersih/rapi),berbuatlah dengan baik terhadap kendaraanmu sehingga kamu seakan-akan menjadi wibawa dianatar manusia.(dari Sahal bin al-Handhaliah;HR Hakim)
245.    Hitunglah oleh hilal(kalender) bulan sya’ban untuk ramadhan.(dari Abu Hurairah;HR Tirmidzi dan Hakim)
246.    Jagalah lisanmu (dari perkataan yang tak berguna).(dari Malik bin Yakhamir;HR Ibnu Asakir)
247.    Jagalah sesuatu diantara jenggot(mulut)mu dan diantara kedua kaki(kemaluan)mu.(dari Ibnu Qani’;HR Abu Ya’la)
248.    Cukurlah olehmu brengos dan biarkan olehmu jenggot.(dari Ibnu Umar;HR Muslim,Tirmidzi dan Nasai)
249.    Dihalalkan kita memakan 2 bangkai dan 2 darah yaitu pertama ikan dan belalang, kedua hati dan anak jimpa.(dari Ibnu Umar;HR Ibnu MajahHakim dan Baihaqi)
250.    Nabi Ibrahim berhitan berumur 80th dengan kapak.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad dan Bukhari-Muslim)
251.    Perbedaan umatku(para mujtahid) adalah rahmat.(HR Nashrun al-Muqaddisi dan Baihaqi)
252.    Sesuatu yang sangat aku takuti atas umatku adalah besar perut(banayk makan-minum), lama tidur, malas dan keyakinan yang lemah.(dari Jabir;HR Darulqudni)
253.    beragamalah kamu dengan ikhlas niscaya amalmu yang sedikit mencukupi.(dari Mu’adz;HR Hakim)
254.    Beramallah olehmu dengan ikhlas karena Allah,maka sesungguhnya Allah tidak menerima suatu amalan yang tidak didasari keikhlasan.(dari al-Dhuhak bin Qais;HR Darulqudni)
255.    Laksanakan amanat orang yang memeberikan kepercayaan kepadamu dan jangan kau khianati dia.(dari Anas;HR Darulqudni)
256.    Tuhanku mengajarkan adab(sopan-santun) kepada lalu Ia memperbagus adabku(tabiatku).(dari Ibnu Mas’ud)
257.    Berdo’alah kamu kepada Allah dengan penuh keyakinan atas ijabah-Nya(dikabulkan) dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan(do’a) orang yanmg hatinya lalai.(dari Abu Hurairah;HR Tirmidzi dan Hakim)
258.    Tunaikanlah olehmu hak majlis yaitu berdzikirlah olehmu kepada Allah dengan dzikir sebanyak-banyaknya,bimbinglah ke jalan yang lurus dan rendahkan pandangan.(dari Sahal bin Hanif;HR Thabrani)
259.    Jika seorang mulia(pemimpin) suatu kaum datang kepadamu maka muliakanlah olehmu dia.(dari Ibnu Umar;HR Ibnu Majah)
260.    Jika seorang penziarah/tamu datang kepadamu maka muliakanlah dia.(dari Anas;HR Ibnu Majah)
261.    Jika Allah suka suatu kaum maka Allah menguji mereka.(dari Anas;HR Thabrani dan Baihaqi)
262.    Bila kamu tunaikan zakat hartamu maka sungguh kamu telah melunasi haknya.(dari Abu Hurairah;HR Tirmidzi,Ibnu Majah dan Hakim)
263.    Bila kamu tunaikan zakat hartamu maka sesungguhnya kamu sudah menghilangkan kotorannya/keburukannya.(dari Jabir;HR Ibnu Huzaimah dan Hakim)
264.    Bila Allah menghendaki seorang hamba menjadi baik maka Dia meberlakukannya, apa itu? Belia menjawab Allah membuka baginya  beramal sholeh menjelang kematiannya sehingga orang sekelilingnya ridha kepadanya.(dari Amr bin al-Hamaq;HR Ahmad dan Hakim)
265.    Bila Allah menghendaki seorang hamba dengan kebaikan maka Dia menyegerakan siksanya(musibah) di dunia dan bila Allah menghendaki seorang hamba dengan keburukan maka Dia menahannya(azab) dengan dosanya sehingga Allah menyempurnakannya (siksanya) di harikiamat.(dari Anas;HR Tirmidzi dan Hakim)
266.    Bila Allah menghendaki seorang hamba dengan kebaikan maka Allah memberi pemahaman kepadanya tentang agama dan mengilhamkan kepadanya hidayah-Nya.(dari Ibnu Mas’ud;HR Al-Bazar)
267.    Bila Allah menghendaki ahlul bait(keluarga Rasulullah) dengan kebaikan maka Allah memasukkan kepadanya(sifat) lemah lembut.(dari Aisyah;HR Ahmad,Bukhari dan Baihaqi)
268.    Jika seorang perempuan(istri) mintak izin kepadamu(suami) pergi ke masjid(untuk shalat) maka jangan melarangnya.(dari Ibnu Umar;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,dan Nasai)
269.    Jika diantara kamu tertimpa musibah maka katakan inna lillahi wa inna laihi raji’un.(sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada-nya),allahumma indaka ahtasibu mushibati fa’jurni fiha wa abdilni khairan minha(ya Allah aku berharap musibahku ini (datang) dari-Mu maka berilah aku pahala dan gantikan musibah ini dengan yang lebih baik.(dari Ummu Salamah;HR Dawud dan Hakim)
270.    Empat perkara bila kalian tidak terperdaya dengan dunia yaitu Bicara dengan benar,menjaga amanat, baik akhlak dan makan yang halal (tidak berlebihan).(dari Ibnu Umar;HR Ahmad,Thabrani,Hakim dan Baihaqi)
271.    Empar perkara yang tidak bisa ditinggalkan oleh umatku (kebiasaan jahiliyah) yaitu bangga dengan keturunan, saling mencaci keturunan(nasab), percaya dengan ahli nujum(perbintangan) dan meratapi orang meninggal.(dari Abu Malik al-Asyari)
272.    Empat perkara  yang menjadi hak Allah untuk menolong hamba-Nya yaitu orang yang berperang(jihad),orang sudah beristri, orang yang memberi tahu (kebenaran) dan orang yang hajji.(dari Abu Hurairah;HR Ahmad)
273.    Empat perkara bila melekat pada seseorang maka dia munafik tulen , dan barangsiapa terkena cirri-cirinya dia termasuk sehingga ia meninggalkannya yaitu jika berbicara dia dusta,jika berjanji dia menyalahi, bila diamanati dia ingkari dan bila bertengkar dia lebih sadis.(dari Ibnu Amr;HR Ahmad,Bukhari-Muslim,Dawud dan Nasai)
274.    Empat perkara yangtermasuk sunnah para rasul: rasa malu, minyak wangi, nikah dan siwak.(dari Abu Aiyub.HR Ahmad,Tirmidzi dan Baihaqi)
275.    Empat surat yang diturunkan dari simpanan bawah arsy yaitu ummul kitab(fatihah),ayat kursi, akhir surat al-Baqarah dan al-Kaustar.(dari Abu Umamah;HR Thabrani)
276.    Empat macam orang yang dibenci oleh Allah mereka adalah pedagang yang banyak sumpah(bohong),orang miskin yang sombong,kakek yang berzina dan imam/penguasa /hakim yang dhalim.(dari Abu Hurairah;HR Nasai dan Baihaqi)
277.    Sayangilah olehmu orang yang di bumi niscaya kamu disayang oleh orang yang di langit.(dari Jarir;HR Thabrani)
278.    Sayangilah olehmu niscaya kamu disayang,mintak ampun lah kamu niscaya kamu diampuni,celakalah orang-orang yang mengabaikan ucapan(nasihat agama),celakalah orang-orang yang sering berbuat dosa yaitu mengetahui apa (dosa) yang diperbuat.(dari Ibnu Amr;HR Ahmad,Bukhari dan Baihaqi)
279.    Angkatlah (diatas mata kaki) pakian(sarung,celana,gamis)-ketika shalat-mu dan bertaqwalah kamu kepada Allah.(dari Syarid bin Sawid;HR Thabrani)
280.    Angkatlah pakianmu maka sesungguhnya (mengangkat pakian) itu lebih bersih buat pakianmu dan lebih taqwa kepada Tuhanmu.(dari ibnu Sa’ad;HR Ahmad dan Bahaihaqi)
281.    Berzuhudlah kamu dari dunia niscaya Allah mencintaimu dan berzuhudlah(berpalinglah) kamu dari apa yang ditangan manusia niscaya manusia menyukaimu.(dari Sahal bin Sa’ad;HR Ibnu Mjah,Thabrani,Hakim dan Bahaihaqi)
282.    Menyempurnakan wudhu adalah bagian dari iman, wal hamdulillah(segala puji milik Allah) memberatkan timbangan,tasbih dan takbir memberatkan langit dan bumi,shalat adalah penerang(nur),zakat adalah penjelas(bukti keimanan),kesabaran adalah sinar(dhiya’),al-Qur’an adalah bukti(hujjah) kebenaran atau kesalahanmu,setiap manusia itu berusaha: ada yang menjual dirinya (dengan Tuhannya) maka ia terbebas dari siksanya dan ada yang merusak dirinya maka ia tersiksa.(dari Abu Malik al-Asy’ary;HR Ahmad,Nasai,Ibnu Mjah dan Ibnu Hibban)
283.    Punya rasa malaulah kalian kepada Allah dengan sebenar-benarnya malu,maka sesungguhnya Allah akan membegikan sifat budi pekerti diantara kalian sebagaimana Dia membagikan rezki.(dari ibnu Mas’ud;HR Bukhari)
284.    Bersiap-siaplah kamu menjemput kematian sebelum datangnya kematian.(dari Thariq al-Maharaby;HR Thabrani,Hakim dan Bahaihaqi)
285.    Perbanyaklah kamu mengucapkan kesholehan yang abadi(albaqiyatush sholihah) yaitu tasbih,tahlil tahmid,takbir dan haulalah.(dari Abu Sa’id;HRAhmad,ibnu Hibban dan Hakim)
286.    Kebajikan yang tercepat/memperoleh pahala adalah berbuat baik dan shilaturahim dan kejahtan yang tercepat siksanya adalah berbuat aniaya berlebihan(al-baghyu) dan memutus kerabat.(dari Aisyah;HR Tirmidzi dan ibnu Majah)
287.    Do’a yang tercepat dikabulkan adalah do’anya seseorang yang ghaib(tidak hadir/jauh) kepada yang ghaib juga.(dari ibnu Amr;HR Bukhari,Dawud dan Thabrani)
288.    Manusia yang paling bahagia dengan syafa’atku(pertolongan Rasulullah saw) di hari kiamat adalah orang yang mengucapkan(ikrar) tiadak ada tuhan melainkan Allah dengan ikhlas serta bersih/murni hatinya.(dari Abu Hurairah;HR Bukhari)
289.    Nama Allah yang agung(ismun a’zham)-bilamana Allah siseru/dipanggil/berdo’a dengan nama tersebut niscaya dikabulkan- nama tersebut tersurat dalam tiga surat yang pertama surat al-Baqarah,kedua surat Ali Imran,ketiga surat Taha.(dari Abu Umamah;HR Ibnu Majah,Thabrani dan hakim)
290.    Nama Allah yang agung ada dalam dua ayat ini yaitu pertama wa ilahukum ilahun wahidun la ila illa huwa arrahman arrahim dan pembuka surat Ali Imran yaitu alm Allah la ilaha illa huwa alhayum alqayum(Tuhanmu Tuhan yang satu/tunggal,tidak ada tuhan kecuali Dia yang maha Kasih lagi Penyayang ; alif lam mim Allah tidak ada tuhan kecuali Dia yang maha Hidup lagi Mandiri).(dari Asma’ binti Yazid;HR Ahmad,Dawud,Tirmidzi dan ibnu Majah)
291.    Manusia yang paling pedih siksanya(terhadap manusia) di dunia adalah manusia yang paling kejam(di dunia) siksanya di akhirat dengan balasan Allah(adil).(dari Hisyam bin Hakim;HR Hakim)
292.    Manusia yang paling berat siksanya di akhirat adalam pemimpin yang zhalim.(dari Abu Sa’id;HR Abu ya’la,Thabrani dan Abu Nuaim)
293.    Manusia yang paling berat siksanya di akhirat di sisi Allah adalah mereka yang menyerupai(menggambar) dengan ciptaan(bernyawa) Allah.(dari Aisyah;HR Ahmad,Bukhari dan Nasai)
294.    Manusia yang paling berat ujiannya/cobaannya adalah para Nabi lalu orang-orang yang seperti mereka(kepatuhannya)…(dari Sa’ad;HR Ahmad,Bukhari,Tirmidzi dan ibnu Majah)
295.    Manusia yang paling berat cobaannya adalah para Nabi lalu orang-orang yang sholeh…(dari Abu Sa’id;HR Ibnu Majah,Abu Ya’la dan Hakim)
296.    Manusia yang paling merugi di akhirat adalah seseorang yang bisa menuntut ilmu tetapi tidak menuntutnya dan orang yang berilmu lalu bermanfa’at bagi orang yang mendengarkannya tetapi tidak berguna bagi dirinya sediri.(dari Anas;HR Ibnu Asyakir)
297.    Manusia yang paling bersyukur kepada Allah adalah mereka yang tahu terima kasih kepada manusia.(dari ibnu Mas’ud;HR Ahmad,Thabrani dan Baihaqi)
298.    Usaha yang paling baik adalahpekerjaan seseorang yang dilakukan dengan tangannya dan setiap jual-beli yang baik/jujur(mabrur).(dari ibnu Umar;HR Thabrani)
299.    Muliakan olehmu perintah Allah niscaya Dia memuliakanmu.(dari Abu Umamah;HR Dailami)
300.    Berikan hak-hak masjid dengan dua rakaat(salat sunnat) sebelum kamu duduk(takhiatul masjid).(dari Abu Umamah;HR Ibnu Abu Syaibah)

Abu Naufal
Peterjemah th 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Majelis Ulama Indonesia

Dunia Islam

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Total Tayangan Laman